Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macet di Batang Hari, Masyarakat Merepet Jadwal Ngaret

Ilustrasi Macet di Kabupaten Batang Hari (Sumber foto: Dokumen warga, diadopsi dari detik.com)

Zaman sekarang, macet  bukan hanya  permasalahan di kota besar.  Di daerah-daerah pun tak mau kalah pacu.  Tak Percaya? Datang  saja ke beberapa ruas jalan di Provinsi Jambi. 

Efeknya,  mobilitas masyarakat tak bisa diatur sesuai jadwal. Hingga banyak  urusan yang  terbentur. 

Ahad 20 November lalu pukul  5 sore,  adik  saya  dan suaminya berangkat  dari kota Jambi  menuju Sungai Penuh.  Sampai  di daerah Batang Hari,  perjalanan mereka  terhenti. Katanya, gara-gara,  ada truk batu bara rusak berat pas di tengah badan jalan. Akibatnya, ribuan mobil tertahan. Macet terjadi  puluhan kilometer.  

Dampak sosial

 
 Ilustrasi Macet di Kabupaten Batang Hari (Sumber foto: dikutip dari metrojambi.com)
 
Ternyata, macetnya  semalaman. Masalah sosial pun bermunculan. Makanan susah dicari. Meskipun ada, harganya  beda dengan hari biasa. Syukur-syukur di saat kegentingan tersebut  tak ada mobil yang kehabisan BBM. 

Cerita adik saya, di tengah kepanikan  tersebut ada  2  truk batu bara terguling.  Ada pula mobil jenazah yang  tak bisa lewat hingga mayat  telantar berjam-jam. Tak kebayang pula pusingnya jika ada yang kebelet buang air. Terutama emak-emak.

Belum lagi Bapak Polisi yang capek, siang malam bermandi keringat, masayarakat setempat marah dan merepet  karena aktivitasnya  terganggu. Mereka tak bisa lewat pergi kerja, antar jemput anak ke sekolah, dan sebagainya.  Tak heran, 6 Juni lalu ribuan warga Sridadi, Kabupaten Batang hari turun ke jalan mengusir truk batu bara yang melintas di daerah mereka.

Melar 20 jam 

 Ilustrasi Macet di Kabupaten Batang Hari (Sumber foto: diambil dari lintastungkal.com)

Ujung-ujungnya, adik saya tadi sampai di  Sungai Penuh  hari Senin pukul 22.00. Jarak tempuh yang normalanya  10 jam, ngaret menjadi  30 jam. 

Padahal, suaminya harus masuk kerja  Senin pagi pukul 7.30 , karena ada tim pemeriksaan dari  instansi tempatnya bekerja. 

Nyaris pingsan

Semenjak menjamurnya truk batu bara dan kelapa sawit, jalanan lintas Sumatera khususnya di sebagian provinsi  Jambi tak nyaman lagi untuk dilewati. Jalan-jalan cepat rusak,  oknum  sopir yang kurang taat aturan, konfoi-konfoian dan suka menguasai  jalan. 

Parahnya, ketika ada satu truk yang rusak, yang lainnya serentak  berhenti  hingga membentuk deretan panjang. 

Tahun 2013 saya pernah nyaris pingsan. Ceritanya, di depan kami ada satu ruk batu bara. Saya agak mual terkena asap hitamnya. Terutama ketika dia mendaki.  Kami minta jalan tidak dia kasih. 

Driver saya kurang  sabar. Maklum anak lulusan SMA. Begitu dia siap-siap akan menyalib, Emaaak ..., saya histeris sejadi-jadinya.  Jantung saya bergedebak-gedebum. 

Sampai kini, jika  terbayang saat menegangkan tersebut, saya trauma dan berpikir 2 kali mengajak sang sopir mengemudi lagi.

Andaikan saya sedang tidur, mungkin  sopir tersebut tetap  nekad. Entah apa yang bakal terjadi. Di mobil cuman saya dan satu cucu yang saat itu usia 3 tahun.

Perhitungan saya jalan yang akan dia terobos itu sangat sempit. Di sisi kanannya ada jurang kurang lebih 2  meter.  Memeng tidak terlalu dalam, tapi tanahnya berawa-rawa.  Andai saja sopir truk mau mengalah, dia bisa bergeser posisi agak ke kiri. Hingga mobil lain bisa lewat.

Untung rugi

Di Jambi, kecelakaan melibatkan  truk batu bara telah terjadi berulang-ulang.  Tak terhitung  jumlahnya nyawa melayang.  

Ya, harus bagaimana lagi. Begitulah  hukum plus minus dan untung rugi (teori nenek-nenek ndeso), Ha ha ....  Di satu sisi truk dibutuhkan untuk mengangkut hasil tambang batu bara, yang merupakan salah satu sumber pendapatan negara bukan pajak. Di sana juga menyangkut hajat hidup orang banyak untuk menyerap tenaga kerja. 

Di sisi lain, infrasruktur jalan  tidak mendukung. Coba lebar jalannya dibuat maksimum, mungkin masalah macet bisa diminimalisir.  Selanjutnya, tanpa sarana angkutan,  hasil kebun petani tak bernilai apa-apa. 

Penutup

Sejatinya macet yang melibatkan truk batu bara ini bisa diminimalisir jika  semua drivernya mematuhi jadwal operasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Derah, melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Jambi. Namun, yang namanya peraturan, barang kali ada saja oknum yang melanggar. (Semoga sangkaan  saya ini salah). 

Bagi masyarakat yang akan bepergian melintasi ruas jalan  rawan macet, sebaiknya memahami dulu jam beroperasinya truk batu bara. 

Demikian gonjang ganjing dan dampak macet di Kabupaten Batang Hari, Jambi. Masyarakat merepet  jadwal  ngaret.

 Baca juga:  

*****

11 komentar untuk "Macet di Batang Hari, Masyarakat Merepet Jadwal Ngaret"

  1. macet adalah tanda ekonomi tumbuh dan berkembang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Mas Tanza. Tapi kita2 tetap begini2 saja.

      Hapus
    2. mudah mudahan kualitas dan lebar jalan ditingkatkan di masa mendatang

      Hapus
  2. Sama aj mbk..sy di Bandar Lampung jg gitu..udh ada jln layang pun ttp ga guna..itu salah satu nya jg debu batu bara penyumbang debu di sini,mau protes tpi ga di ladenin jg..plus minus gitulah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh .... Rupanya di Lampung sana juga banyak angkutan batu bara ya, Mbak MRENEYOO. Kok jalan layang tiada guna ya?

      Hapus
    2. Jalan layang ttp full walo udah di bagi sama yg di bawahnya ,apalagi pas jam" sibuk pagi dan sore hari

      Hapus
    3. Masyaallah. Tandanya di Negeri ini mobil kelewat banyak, ya, Mbak.

      Hapus
  3. Uwaaaaah antrian macetnya seraaam Bundaa 😣😱. Jadi inget pas saya mudik ke solo bbrp tahun lalu, antrian macetnya sampe bikin jkt-solo 32 jam naik mobil🤣🤣🤣. Padahal harusnya 10 jam kalo pake tol yg lama. Dulu belum ada tol baru yg hanya 6-7 jam..

    Masih peer banget masalah macet di sini Yaa. Saya sebagai orang Jakarta udah terbiasa memang, walo pun ttp aja sebeeel kalo sampe ketemu begini 🤣.capeek. tapi lebih kasian yg bawa mobil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat tidak nyaman ya, ananda. Perjalanan 10 jam jadi 32 jam. Kalau titik macetnya pindah2 lumayan ganti pemandangan. He he ... Yang membosankan itu semalaman berada di satu lokasi. Mana urusan banyak telantar. Sebel kuadrat he he ...

      Hapus
  4. Balasan
    1. Faktanya begitu, ananda. Terima kasih telah singgah ya. Selamat malam, dan selamat istirahat.

      Hapus