Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Gampang Menghalau Kesedihan

7 Cara Gampang Menghalau Kesedihan


Ilustrasi Wanita  Bersedih. Sumber foto: Pixabay.com

Sedih adalah suatu emosi yang ditandai oleh perasaan tidak beruntung, kehilangan, dan ketidakberdayaan (id.wikipedia.org).

Pemicunya mungkin karena putus cinta, ditinggal mati oleh orang tercinta, ekonomi yang morat-marit, anak sedang sakit, dan lain sebagainya. Intinya, kesedihan itu mencul tersebab kondisi yang kita hadapi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Bersedih itu manusiawi. Semua orang normal pasti pernah mengalaminya. Namun, jika dibiarkan berlarut-larut akan berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Alan Prossin, peneliti dari University of Eeda Health Science Center, Houston, menjelaskan, "Saat Anda sedih, tingkat bahan kimia otak yang disebut opioid meningkat. Peningkatan bahan ini berdampak negatif bagi tubuh. Salah satunya penurunan sistem imun." (dikutip dari Prevention, oleh health.detik.com, 03/03/2016).

Apakah kamu sedang bersedih? Makan tak enak tidur tak lena. Malam terasa amat panjang. Rugi. Segeralah bangkit! Bangun hidupmu dengan semangat baru. 

Untuk membantumu, berikut disajikan 7 cara gampang menghalau kesedihan.

1. Pahami Apa yang Membuat Kamu Bersedih

Tarik napas dalam-dalam. Tanyakan pada dirimu apa persoalan yang sedang kamu hadapi hingga membuat kamu sedih. Andai kesedihan tanpa alasan, masalahnya akan lain.

Sekiranya kealpaan tersebab kelalaianmu, kamu tidak boleh menyesali diri sendiri. Tak elok juga menyalahkan orang lain. Apalagi sampai mengumpat Tuhan.

2. Curhat pada Orang-orang Terdekat

Menurut ilmu psikologi, curhat itu baik untuk kesehatan mental dan fisik. Terutama saat kamu sedang bersedih karena dirundung masalah.

Dengan curhat pada orang lain kamu dapat mencurahkan problem yang sedang menyesaki dada. Sehingga jiwamu jadi plong.

Tetapi perlu diingat, teman curhat haruslah orang yang bisa dipercaya dan kira-kira dapat memberi solusi terbaik terhadap persoalan yang sedang kamu hadapi.

Sebaliknya sikap tertutup atau memendam sendiri kesedihan yang kamu alami, membuat dirimu merasa hidup tanpa teman. Bukankah agar hidup itu terasa lebih hidup kamu butuh teman untuk saling support.

Parahnya sudah bersedih, suka ngelamun pula. Bukan tidak mungkin persoalan yang ada di benakmu numpuk dan membengkak. Suatu saat ia akan menjadi bom waktu, yang menunggu saatnya untuk meledak.

Banyak, lho. Orang yang diketahui sedang bermasalah tetapi tampak tenang.  Lama-lama tertawa sendiri, ngomong sendiri. Tak jarang juga mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

3. Ingat Kembali Problem Masa Lalu

Mengingat masalah pelik yang pernah menghimpitmu pada masa lalu, membuat dirimu merasa kasus yang menimpamu saat ini belum seberapa. Tanamkan keakinan,  bahwa dirimu akan menemukan solusi terbaik.

Dengan izin Allah, kesedihanmu akan pupus. Kondisi akan kembali normal seperti sebelumnya. Kamu dapat menghadapi sisa hidup dengan tersenyum. Efek positif lainnya, hatimu akan berevolusi dan terbiasa menerima kenyataan dalam segala suasana.

4. Mengaca pada Masalah Orang lain

Orang lain tersenyum bahagia, kamu juga berhak tersenyum bahagia. Sebaliknya jika kamu sedang tersandung masalah, orang lain juga pernah mengalaminya.

Intinya, senang dan susah adalah sebuah konsekwensi kehidupan, yang wajib dijalani oleh semua orang. Kalau orang lain bisa melewati perkara serumait apapun, kenapa kamu tidak.

5. Mendengar Musik Berirama Sendu

Salah satu hasil penelitian membuktikan, lagu sedih dapat membuat emosi seseorang lebih baik. Dengan demikian suasana hatinya lebih tenang dan membangkitkan semangat positif dalam dirinya. Bagi penderita depresi, mendengar lagu-lagu mellow membuat mereka merasa tidak sendirian.

Nah, kalau hatimu sedang galau, bukan tabu mendengarkan lagu-lagu melankolis. Putarkan musik mendayu-dayu yang liriknya sedih. Resapi syairnya kata per kata. Untung-untung kamu bisa menangis untuk mengekspresikan emosimu.

Penelitian lain  menunjukkan, menangis bisa merangsang hormon endorfin yang dapat membuat seseorang lebih baik, mengurangi rasa sakit, dan meredakan stres (alodokter.com, diperbaharui 03/11/2019). Dengan demikian beban batinnya menjadi ringan.

6. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Menyibukkan diri dengan kegitan yang menyenangkan adalah cara lain menghalau kesedihan. Tetapi ingat, jangan sampai terjerumus pada hal-hal negatif. Seperti judi, minuman keras, mengonsumsi narkoba, dan keluyuran di tempat hiburan malam.

Kalau kamu punya hobi menulis, ini adalah sarana yang tepat untuk meluahkan kesedihan.

Minimal menulis dan update status di media Internasional facebook, twitter, dan media lainnya. Di sini kamu bisa berbagi dengan banyak teman.

Tetapi ingat! Jangan sampai masalahmu yang tak pantas dikonsumsi publik kamu umbar-umbar di jagat maya.

7. Mendekatkan Diri pada Sang Pencipta

Pengalaman saya, dikala jiwa dilanda gelisah, sedih, dan galau tersebab berbagai masalah, mengadu kepada Allah adalah obat penawar yang paling mujarab.

Setelah beribadah wajib saja jiwa ini terasa tenang. Apalagi ditambah dengan ibadah sunnah. Perbanyakkan zikir, membaca alquran dan memahami maknanya.

Lakukan salat tahajjud di sepertiga terakhir malam. Tadahkan tanganmu dengan khusuk mohon diberikanNya petunjuk dan ketenangan lahir batin. Pasrahkan segala persoalan kepada Allah semata. Rasakan sensasinya.

Demikian 7 cara gampang menghalau kesedihan yang patut dipraktikkan ketika kamu sedang dirajam persoalan. Mudah kan? Semoga bermanfaat.

****

 

 

 

4 komentar untuk "7 Cara Gampang Menghalau Kesedihan"

  1. Tentu bermanfaat, Nek. Terima kasih atas postingannya. ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mengapresiasi. Cucunda. Salam sukses selalu.

      Hapus
  2. Wah. Nenek mulai aktif nulis lagi nih😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he .... Hampir sebulan stagnan, cucunda. Mudah-mudahan minggu depan bisa lebih fokus. Terima kasih, telah berkenan hadir

      Hapus