Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia! 4 Obat Tradisional Paling Ampuh untuk Membasmi Kurap

 KESEHATAN

Ilustrasi kulit terserang kurap. (Foto diambil dari klikdokter.com)

Kurap adalah infeksi pada area permukaan kulit, akibat bermacam-macam jamur. Gejalanya, timbul ruam, bersisik, melingkar warna merah muda. Kalau lagi kambuh, digaruk gatalnya nyilu-nyilu sedap. Semakin digosok kian “menggila”, bahkan sampai berdarah-darah.

Kurap menyebar melalui kontak antar kulit, menyentuh hewan, atau objek lain yang terkontaminasi. Seperti selimut, pakaian termasuk perhiasan, sisir rambut, dan lain sebagainya.

Menurut pengalaman, membasmi kurap itu gampang-gampang sulit. Kadang-kadang ia tak kalah ganas daripada gangguan kesehatan lain.

Terlebih bila sang kurap terlanjur bersarang pada tubuh mangsanya dalam waktu yang relatif lama, tersebab pembiaran. Sehingga menjadi penyakit menahun. Terlepas apakah itu sejenis kurap benaran atau efek dari penyakit lain yang menggerogoti tubuh si penderita.

Ironisnya, di tengah kegalauan menghadapi penyakit, penderitanya malah dibully. Tersemat kata tambahan di belakang namanya. Si Anu kurap atau si Ana kurap. Kasian. Betapa tidak nyamannya mereka. Belum lagi menanggung malu, karena merasa tersisih daloam pergaulan.

Setidaknya ada 3 kasus serupa ditemui di lingkungan saya pada era berbeda. Setelah puluhan tahun bergulat melawan kurap, akhirnya terbawa sampai mati. Padahal sudah berobat ke mana-mana.

Sayangnya, sebagian masyarakat kurang peduli terhadap kesehatan tubuhnya. Kadang-kadang kalau kurap itu muncul di kulit kepala, penderitanya sering menggapnya sepele. Karena mengira cuman ketombe biasa. Muaranya jamur jahat itu tumbuh dan berkembang biak ke sekujur tubuh, dan sangat sulit untuk dibasmi.

Mencegah Kurap

Mengutip dari sumbernya, Kurap dapat dicegah dengan menjaga kebersihan. Di samping itu, hindari berbagi pemakaian barang pribadi dengan orang lain, gunakan alas kaki saat berada di tempat umm, serta mandi, cuci rambut, dan ganti baju setiap hari atau pada saat berkeringat.

Penting juga dihindari, bersentuhan langsung dan tak langsung dengan hewan kesayangan seperti kucing dan anjing. Terlebih binatang tersebut pengidap kurap.

Membasmi Kurap

Kurap dapat dibasmi dengan berbagai salep anti jamur, yang banyak dijual di apotek-apotek dan toko obat. Baik melalui resep dokter maupun dibeli langsung.

Tetapi, banyak juga penderitanya menemui kesembuhan melalui obat tradisional yang disediakan oleh alam, (maaf, bukan mengecilkan peran tenaga medis dan fungsi obat kimia. Tetapi faktanya begitu).

Berikut disajikan 4 obat tradisional yang terbukti paling ampuh untuk membasmi kurap.

1. Beras dan Rimpang Kunyit

Beras dan rimpang kunyit. Foto NURSINI RAIS
Rendam secumput beras (sesuai kebutuhan) kurang lebih setengah jam. Tambahkan sejempol rimpang kunyit yang tua dan telah dikupas serta dicuci bersih. Giling hingga hancur menggunakan batu khusus untuk ngulek obat.

Setelah mandi, bedaki (lulur) sambil digosok bolak balik pada bagian yang terinfeksi. Biarkan melekat sampai kering dan rontok sendiri. Lakukan 2 kali sehari pagi dan sore sampai kurapnya hilang.

Pengalaman saya, obat beras kunyit ini sangat manjur untuk membasmi kurap yang baru muncul.

2. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji. Foto NURSINI RAIS

Rebus 10 mangkuk daun jambu biji segar, yang sudah dicincang bersama 5 gayung air. Didihkan selama 10 menit. Angkat . Campurkan dengan air dingin secukupnya, hingga pas hangatnya di tubuh. Tak apa agak panas supaya kuman kurapnya mati. Aplikasikan 2 kali sehari pagi dan sore.

3.  Daun Tembakau 

 

Tanaman tembakau. Foto NURSINI RAIS

Daun tembakau ini bagus untuk pembasmi kurap di kulit kepala. Potong kasar dan rebus 10 lembar daun tembakau segar dengan 2 liter air selama 10 menit. Saring, tambahkan air dingin secukupnya hingga hangat-hangat kuku. Gunakan untuk mandi dan keramas 2 kali sehari pagi atau sore.

4.  Daun Ketapeng Cina

Daun ketapeng cina. Foto NURSINI RAIS

Tumbuk/hancurkan 5 lembar daun ketapeng cina. Gosok bolak balik pada bagian yang terserang kurap sampai memerah.

Untuk membuang ampasnya yang lengkat di badan, siram pakai air bersih tanpa menggunakan sabun. Biarkan tubuh atau bagian yang dirawat kering alami.

Lakuakan 2 x sehari setelah mandi pagi dan sore. Daun Ketapeng juga manjur untuk menghilangkan panu.

Demikian 4 bahan obat tradisional untuk membasmi kurap yang telah banyak terbukti kemanjurannya, sejak zaman leluhur sampai sekarang. Semoga setelah membaca artikel ini, dapat menemukan solusi yang tepat bagi siapa pun yang membutuhkannya.  Selamat mencoba.

****


Posting Komentar untuk "Ini Dia! 4 Obat Tradisional Paling Ampuh untuk Membasmi Kurap "