Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Foto Kenangan di Kota London

 Bingung mau nulis apa, kali ini nenek celotehnur54 akan membagikan 9 potret  kenangan saat berunjung ke Kota  London, Inggris  7 tahun yang lalu.

Daripada dia ngumpet dalam laptop, mana tahu ada sobat blogger yang ingin memanfaatkannya. Minimal untuk dilihat-lihat sekalian mengendorkan syaraf mata. He he ....  

Saya ke Inggris pertengahan tahun 2015 dalam rangka nengok cucu, yang saat itu menantu saya  kuliah S3 di Universitas Birmingham.  Suaminya, (anak bungsu saya) bekerja pada salah satu hotel berbintang di kota Birmingham.  

Setiap weekend mereka ngajak saya jalan-jalan. Tentu saja tidak terlepas dari kegiatan  selfi-selfian.  Sayangnya waktu itu saya belum begitu tertarik untuk mendokumentasikan momen-momen  tersebut dengan rapi. Malahan, di antaranya banyak foto yang hilang bersama Hp-nya.

Maklum, nenek-nenek yang  belum mengenal dunia blog. Bepergian sama anak menantu pula.  Kemana dibawa saya okey-okey saja. Tiada tergerak untuk nyinyiran terlalu detail. Ini tempatnya apa, kenapa  begini mengapa begitu.  Coba kalau peristiwanya berlangsung sekarang .... He he .... 

Waktu itu kegiatan menulis sudah dimulai, cuman fokus pada gendre fiksi ala saya sendiri, dan sangat berambisi untuk menerbitkannya dalam bentuk cetak (novel). Makanya, jangan heran, sebagian caption foto-foto ini mengutip dari sumber lain. 

1. Platform 9 ¾ 

Wisatawan berakting di depan kamera
 Platform 9 ¾  berlokasi di Stasion Kings Cross, London.  Bagi kalian yang menobatkan diri sebagai fans berat Harry Potter, tentu sudah hafal dengan tempat ini. Dari  sini Harry Potter dan teman-temannya siswa Hogwart  School of Witchcraft and Wizardry naik kereta  Hogwarts  Express menuju sekolahnya di Skotlandia Utara. 

Antren di platform 9 ¾
 
Pada foto tampak antrian panjang para wisatawan untuk mendapatkan kesepatan perfoto  pada dinding bata merah bertempel  angka 9 ¾ itu. 
 
 Awalnya saya dan Anisa Mahasiswa asal Indonesia ikutan antri. Mengingat perjalanan masih jauh, yaitu ke Istana Buckingham.  Sementara kedua cucu saya merengek  tak sabaran menunggu. Kami sepakat meninggalkan antiran, terus pergi.

2. Istana Buckingham

Istana Buckingham

Istana Buckingham adalah kediaman resmi Ratu Elizabeth dan keluarga di London. Di sini pula tempat kegiatan kenegaraan, menyambut tamu negara, dan tempat kunjungan wisatawan.  Sering juga dalam peristiwa kegembiraan, krisis, dan berkabung, tempat ini menjadi pusat berkumpulnya masyarakat Britania.  (id.m.wikipedia.org).

Selfi sama si Bungsu di depan Istana Buckingham

Wisatawan berjubel menyaksikan upacara pergantian petugas Istana Buckingham

Atraksi pasukan berkuda memeriahkan serimonial pergantian Petugas Istana Buckingham

Prajurit penjaga  dengan tunik merah dan topi kulit beruang berparade saat berlangsungnya upacara

Selfi bersama 2 mahasiswa Indonesia di depan Istana Buckingham

Kami ke sana Sabtu, 23 Mei 2015. Bertepatan dengan upacara pergantian petugas istana. Upacara menjadi megnet tersendiri untuk menarik wisatawan dalam dan luar negeri  Inggris.

3. Moseum Sherlock Holmes

Lobi depan Moseum Sherlock Holmes
 
Moseum Sherlock Holmes dibuka sejak tahun 1990. Lokasinya  di Baker Street nomor 221b, London.  Moseum ini dibuat untuk didedikasikan pada tokoh dediktif fiksi terkenal Sherlock Holmes.  Ini adalah moseum pertama   di dunia yang didedikasikan untuk karakter sastra Sherlock  Holmes. Tujuannya untuk memenuhi hasrat para penggemar serial dediktif terkenal  (en.wikipedia.org)

Moseum Sherlock Holmes tampak samping kiri

Sayangnya kami tidak punya waktu untuk masuk ke dalam. Sebab,  waktu itu hari telah mendekati sore.  Sang penyandang dana, lebih memilih singgah di Regen’t  Park, 5 menit jalan kaki dari Moseum Sherlock Holmes. 

Demikian 11 foto kenangan di 3 lokasi di Kota London. Potret ini diambil pada tanggal 23 Mei 2015. Terakhir mohon maaf, karena hasilnya kurang bagus,  karena telah diolah sedemikian rupa mengingat ukurannya terlelu besar. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

*****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi

22 komentar untuk "11 Foto Kenangan di Kota London"

  1. bestnya dapat menjejak kaki ke kota London

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kebetulan, Wak Petani. Terima kasih apresiasinya. Selamat sore.

      Hapus
  2. Aahhhh senangnya bisa kesana bundaaaa. Ini salah satu negara yg JD impianku bangettttt. Tapi kalo bisa ke Inggris aku cuma tertarik ke kota Liverpool Bun. Makluuuum berdua Ama suami fans nya klub bola Liverpool 😄. Jadi kami pengen bisa nonton pertandingan Liverpool di stadion Anfield , stadionnya mereka. Trus aku juga kepengin banget ke museum the Beatles 😄. Kan mereka asalnya juga dr liverpool.

    Semoga bisa kesana juga. Anaknya bunda masih di London?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda belum sempat sampai ke Liverpool, ananda Fanny. Zaman itu anak bunda belum bisa merental mobil. Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi, kalau tak salah ingat harus punya kartu apa gitu. Maklum dia baru 2 tahun domisili di sana. Jadi kemana2 naik kereta dan kenderaan umum. Ribet. Bawa anak kecil. Tapi ke villa Aston bunda sudah masuk. 2 tahun sebelum pulang baru biss merental. Bebaslah mereka jalan2 keliling Eropah. Bunda udah pulang. Cuman sebulan di sana

      Hapus
  3. Wow, 11 foto yang luar biasa Bu Nur. Saya salah satu penggemar film Harry Potter dan selalu ingin berkunjung ke lokasi terkait film Harry potter khususnya Pintu batu Bata 9 3/4 yang bisa menembus dimensi waktu ke Alam Penyihir. Terima kasih sharing pengalamannya Bu Nur, Salam sehat dan selamat beraktifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sehat juga untuk keluarga di sana. Pak Eko. Sayangnya sangat sedikit foto yang saya ingat lokasi dan nama tempatnya. Sebab zaman itu saya belum begitu perhatian pada hal2 begitu. Diajak jalan2 okey. Tapi momen2 berfoto itu dilalui begitu saja. He he ... Maklum nenek2. Bahkan banyak foto yang hilang bersama HP.

      Hapus
  4. Mantab Nek, semoga nenek diberikan selalu keberkahan amien.
    Lama nih gak mampir kesini ternyata ceritanya sudah nyampek london, eeeh tahun 2015 Ding
    Sherlock Holmes menjadi buah pikiran terciptanya comic Conan wkwk dan menjadi favorit istri. Sampai anak kami namakan shinichi.
    Kira-kira disana ada buku-bukunya gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah buku di sana, tak perlu khawatir, ananda. Perustakaan Umum di Birham merupakan Pustaka terbesar di kawasan Eropah. Minjam buku sangat mudah. Bisa diakses via online. Pinjam di pustaka A, bisa dikembalikan di pustaka manapun. Perpustakaan bertebaran sampai ke kampung2.

      Hapus
  5. Keren Bu Nur..
    Semoga saya bisa ke London seperti ibu Nur.

    Btw, foto-fotnya keren. Saya penasaran dengan istana Buckingham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah masa depan seseorang tiada yang tahu, ananda Supriyadi. Mana tahu, suatu saat ananda bisa ke Inggris. Terima kasih telah mampir. Selamat malam.

      Hapus
  6. Duh ..., akhir2 ini entah mengapa. Blog saya mulai bertingkah. Ada beberapa komen teman tidak muncul di kolom komentar. Salah satunya ya, ini. Komen, Mbak Rey, yang saya copas di bawah ini.

    Parenting By Rey commented on "Kehadiran IndiHome Mengakhiri Perdebatan Pasangan Lansia di Kerinci"
    4 hours ago
    Indihome ini membantu banget khususnya ketika pandemi kemaren ya Bu, karena dia menjangkau sampai ke banyak daerah di Indonesia

    Parenting By Rey commented on "11 Foto Kenangan di Kota London"
    6 hours ago
    Senangnya ya Bu Nur, masha Allah. semoga suatu saat saya juga diizinkan bisa mengunjungi London, best wish saya banget ini. Ketimbang lainnya, lebih suka Inggris. senangnya Ibu Nur udah pernah ke sana, saya juga sempat baca cerita pertama kali ke London nih, waktu awal kenal blog ini :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih, banyak telah mengapresiasi ananda Rey. Kalau Tuhan telah mentakdirkan, suatu saat pasti ananda sampai ke tanah Inggris. Siapa sangka nenek tua ini bisa ke sana. Masa depan seseorang tiada yang tahu. Doa sehat untuk anak2 di sana ya.

    BalasHapus
  8. keren bangett bun, semoga suatu saat aku bisa menginjakan kaki ke England. dari foto fotonya, kelihatan rapih bener di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, ananda. Rapi, memang. Negara benar2 hadir dalam menjaga kebersihan. Tidak sekadar melarang buang sampah sembarangan, tetapi mereka menyiapkan sarana, prasarana, sumber daya manusia yang cukup.

      Hapus
  9. kata Birmingham nongol lagi di postingan bunda, huhuhu pengen banget nonton All England di Birmingham, pengen liat petugas kerjaan yg lagi ganti shift juga, pengen ke London Eye hihihi, banyak maunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kita bikin rencana dan menabung, he he ....
      Petugas kerajaan adanya di Istana Buckingham, London, ananda. Birmingham itu tempat anak, menantu bunda tinggal dan kuliah. 2 jam naik kereta ke London.

      Hapus
  10. Banyak tempat menarik ya di sana. Jadi pengen juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya begitu, ananda. Kalau ada keingnan dan usaha, insyaallah tercapai.

      Hapus
  11. London memang luar biasa... banyak peninggalan bersejarah....
    👍👍👍

    BalasHapus
  12. komentar aku kayaknya juga gak muncul bunda. Seingetku pernah komen di artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ananda, sejak 5 bulan terakhir, kayaknya blog ini bermasalah. Sering komen teman tidak muncul. Kalau tak salah ingat, rasanya sudah bunda kasih tahu pada kolom kementar ananda Naia. Terima kasih ananda. Semat sore. Salam sayang selalu.

      Hapus
    2. Betul ananda, sejak 5 bulan terakhir, kayaknya blog ini bermasalah. Sering komen teman tidak muncul. Kalau tak salah ingat, rasanya sudah bunda kasih tahu pada kolom kementar ananda Naia. Terima kasih ananda. Semat sore. Salam sayang selalu.

      Hapus