Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Atasi Kantuk Saat Tarawih, Agar Fokus dan Khusuk

Ilustrasi Cara Mudah Mengatasi Kantuk Saat Salat Tarawih

Mengantuk saat salat tarawih sangat mengganggu kekhusukan ibadah. Akibatnya, momen syakral  sekali setahun itu  jadi tidak afdhal.

Hal ini wajar terjadi karena ibadah  tarawih merupakan Qiyamul Laili, yang diamalkan pada malam hari.   Yang menjengkelkan,  selesai tarwih badan segar, ngantuk pun  kabur. 

Apapun alasannya, kondisi tersebut tak boleh dibiarkan, karena dapat  mengganggu konsentrasi,  tarawih tidak bisa fokus dan khusuk.  Otomatis pahalanya berkurang.

Untuk mengatasinya berikut  celotehnur54.com menawarkan beberapa solusi yang  bisa dilakukan  sebelum dan sedang salat tarawih.

A. Sebelum Tarawih

1. Mantapkan hati dengan ikhlas

Sebelum menunaikan salat  tarawih, mantapkan hati dengan ikhlas, bahwa ibadah yang kita lakukan tersebut semata-mata  karena  Allah  dan mengharap pahala dari Allah. 

Bukan sekadar meramaikan masjid pada bulan Ramadhan. Apalagi karena tak enak  dilihat masyarakat. Tiada amalan yang terasa berat  jika dilakukan dengan ikhlas, dan samata-mata mengharap ridho dari allah SWT. 

2. Tidak makan terlalu banyak

Makan terlalu kenyang dapat menyebabkan kantuk. Alodokter.com merilis, .... setelah makan aliran darah lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi . Sebaliknya aliran darah ke otak sedikit berkurang. Akibatnya kita sering menguap dan ngantuk.

Kadang-kadang, seharian berpuasa, berbuka dijadikan ajang balas dendam.  Semua yang  ada di depan mata dilahap, hingga perut penuh sesak. 

Logikanya, semakin dable muatan lambung, bertambah berat beban kerja alat pencernan. Efeknya tubuh kelelahan  tingkat tinggi, kantuk kian tak terkendali (red). 

Mulai Ramadhan ini,  yuk, kita coba mengubah pola makan. Untuk menghilang haus dan lapar, saat berbuka minum dan makanlah takjil alakadarnya. Usai tarawih lanjut dengan makan besar.   

3. Hindari makanan  yang dapat memicu kantuk

Supaya tidak mengantuk saat salat tarawih, waktu berbuka hindari mengonsumsi makanan mengandung protein tinggi. Telur, bayam, tahu, keju, dan kedelai  termasuk dalam kelompok ini. 

Selain  itu ada juga buah yang dapat memicu kantuk. Di antaranya  pisang dan ceri. Pisang mengandung  kalium dan magnesium tinggi yang dapat melemaskan otot, sehingga tubuh merasa lebih rileks dan mudah mengantuk.  Sedangkan buah ceri, sumber alami melatonin tinggi, yang membuat kita mudah ngantuk.  (alodokter.com).

4. Tidur yang cukup

Puasa  bisa mengurangi  jumlah jam tidur malam.  Hal tersebut bisa berdampak kelelahan dan ngantuk saat salat tarawih. 

Usahakan tidak begadang habis salat tarawih dan lakukan tidur tambahan kira-kira  1 -2  jam  pada  siang hari. Bukan tidur seharian yang dapat mengurangi pahala puasa. 

5. Minum kopi

Minum secangkir kopi setelah berbuka dapat menghilangkan kantuk saat salat tarawih. Sebab kopi mengandung  kafien yang bisa meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf. 

Selain kopi, zat kafien juga terdapat pada teh hitam dan teh hijau.  Tetapi jangan lupa,  mengosumsi minuman berkafien terlalu banyak, dapat membuat kita gelisah  (health.detik.com), malah berlanjut ke insomnia, (Red)  

Namun  ada pula mereka  yang tidak ngefek apa-apa terhadap kopi atau teh, termasuk saya.   Ngopi? Yes.  Ngatuk tetap jalan. 

6. Kurangi aktivitas pada siang hari

Terlalu capek  membuat tubuh lelah.  Kurangi  aktivitas pada siang hari supaya  bisa  fokus   mengerjakan salat tarawih. 

7. Pilih tempat salat yang tepat

Terlalu dekat dengan kipas angin dapat mengundang kantuk karena tiupan angin yang sepoi-sepoi. 

B. Di Sela Tarawih  Berlangsung

Selain sebelum tarawih, Upaya menghilangkan kantuk dapat pula dipraktikkan di sela-sela tarawih berlangsung. Tepatnya, waktu jeda setelah salam  2  rakaat yang satu dengan takbiratul ihram 2 rakaat selanjutnya. Lakukan tindakan berikut:

8. Minum air putih

Beberapa sumber menyebutkan, kurang minum dapat menimbulkan lelah  dan memicu kantuk.  Supaya tarawih kita  khusuk, lawan kantuk  dengan minum air putih. Yang diminum air putih ya, bukan air lain.  Tak ada salahnya membiasakan diri membawa air mineral ke Masjid. 

9. Tahan napas saat sujud 

Rasa kantuk semakin menggila saat sedang sujud. Cobalah tahan napas saat sujud, sambil membaca tasbih dengan khusuk.

10. Terapi  jari

Cara lain menghilangkan kantuk saat salat tarawih adalah terapi jari.  Caranya, menekan-nekan bagian tubuh tertentu menggunakan jari tangan. Silakan dicoba salah satunya. Pilih mana yang cocok dan manjur bagi tubuh anda. 

  • Tengah kepala. Pejamkan mata, tekan bagian tengah alis menggunakan ibu jari.  Tahan beberapa detik.
  • Telapak kaki:  Tekan kuat telapak kaki di sekitar seperempat bagian kaki dari jari-jari. 
  • Bawah lutut: Tekan kuat area kaki sekitar 3 inci di bawah lutut.
  • Telapak antara jempol dan telunjuk:  Ketika badan terasa letih dan ngantuk, segera tekan pada bagian ini beberapa detik. Insyaallah kalian mendapatkan energi instan.
  • Dasar tengkorak: Titik tekan dasar tengkorak ini berada pada  satu inci dari sisi tulang belakang. Tekanan ini berguna untuk meningkatkan energi. 

(kompas.com)

Demikian 10 cara mudah menghilangkan kantuk saat salat tarawih yang patut  kalian coba. Jika ada saran  dan tambahan, silakan tambah di kolom komentar. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:  

*****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
Di Kerinci, Jambi

9 komentar untuk "10 Cara Mudah Atasi Kantuk Saat Tarawih, Agar Fokus dan Khusuk"

  1. Semoga tips di atas dapat di terapkan bund saat tarawih,Makasii bund πŸ˜ŠπŸ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, ananda. Terima kasih kembali. Selamat malam.

      Hapus
  2. Nah, ini tips bermanfaat bu haji.😁😁

    Saya kalau tarawih terkadang sering terkantuk-kantuk terlebih jika sang Iman Bacaannya panjang. 😁😁

    Thanks bu Haji semoga tipsnya dapat membantu.😊😊

    BalasHapus
  3. Terima kasih apresiasinya, Mas Satria. Selamat menyambut puasa Ranadhan, Maaf akhir batin.

    BalasHapus
  4. Kalau saya yang berkendala suka begadang, bisa jadi kurang tidur. Tapi ketika shalat tarawih gak pernah ngantuk sih
    Soalnya di siang hari sudah. Banyak tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, Mas Budi. Tarawih tidak ngantuk. Tidur siang memang membantu untuk kesegaran tubuh saat salat tarawih.

      Hapus
  5. ya, makanan adalah soal penting sepanjang Ramadhan....
    kekenyangan saat buka, medatangkan kantuk kemudian....

    Tips yang bermanfaat..... Thank you for sharing

    BalasHapus
  6. Aku dibiasain papa pakai cara yg tidak makan berat sebelum tarawih bunda. Jadi biasanya kami buka puasa pakai makanan ringan, trus siap2 sholat dan tarawih. Pulang tarawih baru makan berat.

    Tapi sejak nikah, ternyata suami punya kebiasaan, buka puasa aja pake makanan berat langsung 🀣🀣.

    Untungnya aku masih ttp belum bisa ikutin cara dia Krn udah terbiasa makan berat setelah tarawih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hebat πŸ‘, Kebisaan baik tetap dipertahankan ya, ananda. Si Uut (kakek) juga langsung makan berat. Sebab beliau tak suka makan takjil saat berbuka. Bunda juga ikutan makan. Tapi jumlahnya dibatasi. Lumayan tersiksa. Mau nambah ditahan2. He he

      Hapus