Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sakit Gigi Saat Pandemi Corona? Gampang. Usir Pakai Obat Ini!

 

Ilustrasi Sakit Gigi. Foto NURSINI RAIS

Sakit gigi saat pandemi corona ini adalah sebuah dilema. Ditahan rasanya akan pingsan. Makan tak enak, kepala nyut-nyutan. Mau berobat ke dokter gigi takut covid 19. Syukur-syukur dokternya tidak menolak.

Pengalaman saya pertengahan April 2020 lalu. Saat sakit gigi saya kambuh, 4 dokter gigi praktik telah saya kunjungi , pintunya tertutup.

Yang nongol cuman perawat dari ruang depan berbatas kaca. Jawaban yang diterima pun hampir senada, “Maaf, untuk sementara kami hanya melayani pasien untuk berkonsultasi, Bu.”

Memperhatikan tempat perawat itu berdiri, hati kecil saya merespon, “Konsultasinya pasti dilayani perawat saja.” Mau saya, gigi yang bermasalah ini dicabut. Minimal diobati. Dapat dimaklumi karena saat itu Pandemi Covid 19 baru mulai mewabah dan sangat asing bagi masyarakat Indonesia.

Sempat saya berpikir mau mencabutnya sendiri. Mengingat kondisi sebiji gigi geraham saya bagian atas goyah parah. Sedikit saja tersentuh makanan, sakitnya minta ampun. Apa lagi beradu sesama gigi. Kasusnya diperparah dengan sariawan dan bau mulut yang busuk melaus (benget).

Saya singgah ke Toko Obat Usaha Baru 2 Kota Sungai Penuh. Rencana awal mau beli obat. Apapun obatnya. Yang penting sakit gigi ini segera sembuh.

Melihat obat-obatan terpajang di toko itu saya trauma duluan. Kebiasaan tubuh saya, apabila mengonsumsi obat yang tidak cocok, maag saya kambuh.

Saya beli saja obat kumur Listrine. Dengan harapan, setidaknya bisa mengobati sariawan. Sampai di rumah, langsung gosok gigi. Kemudian berkumur menggunakan Listrine tadi, sesuai aturan yang tertera pada botol kemasan.

Malamnya keajaiban datang. Gigi saya mulai enakan, sariawan berkurang. Hari ke 4, masalah gigi dan mulut saya tuntas sama sekali.

Sekarang hampir 9 bulan berlalu. Sakit gigi saya tak pernah kambuh lagi. Sariawan bablas, bau mulut pun lenyap.

Kepercayaan diri saya yang tadinya hilang gara-gara bau mulut, sekarang pulih kembali. Gigi geraham yang goyah, kini tersentuh makanan tiada sakit lagi. Meskipun sedikit nyeri saat digosok, tetapi tidak terlalu mengganggu.

Ternyata obat kumur Listrine tidak hanya dapat mencegah bakteri akibat sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan akan menimbulkan karang gigi serta penyakit lain. Kandungan Clean Mint-nya membuat aroma mulut menjadi segar, sekaligus menyembuhkan sakit gigi.

Sekarang saya menyadari, masalah gigi dan mulut yang sering saya alami berawal dari gaya hidup yang salah. Kurang peduli terhadap kebersihan mulut. Efeknya merembet pada kesehatan gigi.

Menurut penelitian, menyikat gigi hanya membersihkan area mulut 25% saja, karena masih banyak bagian lain di mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Salah satu cara membersihkan area yang tidak terjangkau ini adalah dengan menggunakan obat kumur Listrine Mouthwash.

Sebagai informasi, saat ini ada 5 produk Listerine Mouthwash beredar di pasaran. Kelimanya memiliki khasiat dan fungsinya masing-masing.

1. Listrine Cool Mint Antiseptic Mouthwhash

Dengan kandungan 4 essential oil, Listrine Cool Mint Antiseptic Mouthwhash memberikan kesegaran pada mulut selama 12 jam.

2. Listrine Original Antiseptic Mouthwhash

Listrine Original Antiseptic Mounthwash mengandung antiseptik, anti bakteri, anti-jamur, dan anti iritasi. Khasiatnya, mengurasi 36% masalah gusi, melawan kuman penyebab bau mulut, plak, dan masalah gusi.

3. Listrine Freshburst Antseptic Mouthwhash

Listrine Freshburst mengandung anti septik, anti bakteri, anti jamur, dan anti iritasi. Fungsinya, menghilangkan plak dan bau mulut, sekaligus menambah kesegaran mulut.

4. Listrine Fresh Citrus Antseptic Mouthwhash

Dengan kesegaran rasa buah citrus Listrine Fresh Citrus bisa menghilangkan kuman penyebab bau mulut, plak, dan gusi berdarah.

5. Listrine Zero Antseptic Mouthwhash

Listrine Zero hadir dengan rasa yang lebih ringan, membuat napas lebih segar, dan mulut bersih maksimal.

Selain itu, Listrine Zero juga mengandung formula unik, Yaitu 4 essential oil (Thymol, Menthol, Methyl Salicylate, and Eucalyptol), yang terbukti secara klinis dapat melawan 99,9% kuman penyebab bau mulut dan plak. Dan membantu menjaga kondisi gusi lebih sehat hanya dalam waktu 2 minggu.

Listrine Zero direkomendasikan untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan rasa mouthwash yang tajam tapi tetap ingin mencoba pakai produk Listrine.

Foto NURSINI RAIS

Nah, sekarang tinggal pilih mana yang kira-kira cocok dengan kebutuhan dan kondisi mulut Anda. Namun, kelimanya pas buat Anda sebagai pemula.

Andai Anda bertanya, Listerine Mouthwash jenis mana yang menyembuhkan sakit gigi saya? Jujur. Dengan sangat menyesal dan mohon maaf, saya tak bisa memberi jwaban. Sebab waktu pertama beli, judulnya beli listrine obat kumur. Itu saja. Maklum orang sakit gigi.

Sampai di rumah saya gunakan sesuai aturan yang tertera pada botol kemasannya. Tanpa peduli Listrine-nya rasa apa. Setelah kosong botolnya dibuang . Saya malah baru ngeh bahwa Listrine mouthwash ini hadir dalam 5 varian berbeda, saat meluncur di tool langit mencari bahan pendukung artikel ini.

Sebelum gigi dan mulut Anda bermasalah, gunakan produk ini dengan cara berkumur selama 30 detik setelah menyikat gigi. Listerine.co.id manganjurkan pemakaiannya pada pagi hari bangun tidur, setelah makan siang, setelah beraktivitas seharian di kantor, sebelum tidur malam.

Tetapi, pasca kesembuhan, saya cukup melakukannya 1 kali saja, sebelum tidur malam. Hal ini nemambah percaya diri saat tidur sama cowok gantengku. Paginya bangun dengan mulut segar. Untuk pemeliharaan, saya menjauhi makanan terlalu panas, pedas,  dan yang kesas-keras.

Tiga  hari terakhir saya pakai Listrine Cool Mint. Rasanya kurang cocok. Mulut saya  jadi agak kering. Rencananya sehabis  ini akan diganti dengan Freshburst.

Sejak mencoba produk Listrine, saya ogah ganti yang lain. Pernah di toko langganan saya stok kemasan 250 ml lagi kosong. Saya beli merek yang baru saya kenal. Duh, idak nian. Baru 2 hari pakai, sariawan saya kambuh lagi.

Siapapun kerabat dekat saya yang sakit gigi saat pandemi corona beginai, saya sarankan mereka pakai orbat kumur Listrine saja.

Tunda dulu mengunjungi dokter gigi. Takut bin ngeri. Dokternya pun mungkin lebih was-was mengadakan kontak langsung  dengan pasien. Bayangkan, sejak Covid 19 menggerayangi tanah air tercinta ini awal Maret lalu, sudah 13 dokter gigi kita meregang nyawa akibat tak sanggup melawan virus pencabut nyawa tersebut. (compas.com,29/12/2020).

Mungkin di antara Anda, keluarga atau anak Anda ada yang sedang menderita sakit Gigi. Tak ada salahnya mengadopsi pengalaman saya. (untuk anak-anak, tersedia listrine khusus anak-anak).

Demikian artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bisa jadi rujukan khususnya bagi Anda yang mengalami sakit gigi saat pandemi corona saat ini. Bila sakitnya berlanjut, segera hubungi dokter gigi. Semoga bermanfaat.

****

Pendukung: Dihimpun bari berbagai sumber sumber

Posting Komentar untuk "Sakit Gigi Saat Pandemi Corona? Gampang. Usir Pakai Obat Ini!"