Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mencuci Gorden Tebal Berenda Pakai Mesin Cuci

Gbr. 1

Menyambut Idul Fitri selalu identik dengan beres-beres.  Hal ini telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia.  Padahal, hari-hari  biasa juga boleh melakukannya.  Kata nenek-nenek kampung, “Itulah salah satu  hikmahnya hari raya.”

Ada saja yang patut dibongkar dan dicuci. Mulai keset, taplak meja,  karpet, sampai ke gorden. Belum lagi ngecat pagar, dinding rumah dan lain sebagainya.

Bagai mana dengan Anda?  Sibuk juga  kan?  Perlu dibantu?  Okey, baiklah.  Saya  akan membantu Anda  dalam urusan mencuci gorden.  Tersebab ukurannya yang lebar,  pekerjaan ini lumayan sulit.

Kalau bahannya  lembut dan tipis, mungkin  tidak masalah. Tak mau mencucinya pakai mesin takut rusak?  Rendam saja menggunakan diterjen. Lalu kucek-kucek, bilas, kemudian keringkan dalam mesin cuci atau pada terik matahari. Gorden siap dipakai kembali.

Bagaimana jika gordennya berbahan tebal, berenda, pakai smokering pula.  Mau dikirim ke Laundry? Sebisa mungkin, cuci sendirilah. Atau dikerjakan oleh ART, kita yang mengomandoi.

Sebab, kalau kurang hati-hati, renda dan smokeringnya bisa rontok dan hancur.  Apalagi rendanya terbuat dari manik-manik (payet) seperti gambar 1.

Untuk itu, kali ini saya akan membeberkan rahasia  cara mudah mencuci gorden. Khususnya  gorden berbahan dasar tebal,  berenda payet dan pakai ring, pakai mesin cuci.  Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Siapkan air dan deterjen

Pastikan mesin cuci Anda tidak bermasalah. No eror, No korslet.  Tuangkan air dan diterjen secukupnya.  Bebaska mesin dari cucian lain.

2. Bersihkan Gorden dari Debu

Sebelum dicopot dari  besi tongkatnya, bersihkan debu yang nempel  pada gorden.  Gunakan kemoceng, atau lebih bagus pakai vacum clianer. Tujuannya supaya debunya berkurang, air cuciannya tidak terlalu kotor.

3. Rapikan Bagian Atas Gorden

Gbr. 2
Setelah gorden  ditanggalkan dari besi tongkatnya,  rapikan bagian atasnya. Agar lebih mudah,  sisipkan tali  pada lubang-lubang ringnya, terus diikat. Tujuannya  supaya susunannya  tidak berantakan.(Perhatikan gbr. 2).

Untuk  hasil maksimum,  susun dan ikatlah gorden sedikit demi sedikit. Mungkin satu atau dua lembar. Pokoknya sesuaikan dengan kapasitas mesin.

4. Mulai mencuci

Gbr. 3

Celupkan bagian bawah gorden. Nyalakan mesin, tahan bagian yang tersusun rapi tadi (bagian renda dan smokering), jangan sampai basah dan rendanya terbelit. Putar beberapa menit sampai bersih. (Perhatikan gbr. 3) 

5. Rendam dan Bilas  

a. Model minimalis tanpa poni atau poni menyatu dengan badan gorden.

Gbr. 4a: Gorden minimalis tanpa poni (sumber foto: lazada.co.id)

Setelah bersih, ganti airnya tambah deterjen.  Rendam gorden secara keseluruhan (dalam mesin),  dengan posisi yang ada smokering dan rendanya tetap  di atas.  Diamkan kira-kira setengah jam.  

Untuk berwanti-wanti,  cabut colokan mesin cuci. Kemudian kucek perlahan-lahan supaya renda dan smokeringnya tidak rusak.

Gbr. 4b

Mulai dari bagian smokring dan rendanya (atas) sedikit demi sedikit. Sambil dikucek, bilas dengan cara disiram pakai air mengalir, dalam kondisi tersusun. Bagian  yang sudah bersih, julur/masukkan ke pengeringan.  (Perhatikan gbr. 4b!).

Perlakuan yang sama berlanjut  ke bawah  hingga tuntas, dan lembaran gorden teronggok dalam pengeringan.  Keringkan. Jemur pada terik mata hari. 

b. Model  poni berenda terpisah

Gbr. 5: Gorden poni terpisah. 

Dibandingkan gorden tanpa poni, dan poni menyatu dengan badannya, model poni terpisah pengerjaannya sedikit beda. Mencucinya jadi 2 priode.

Pertama: Mencuci bagian badannya. Langkah dan teknisnya sama dengan penyelesaian model (a). Dalam proses penggilingannya Anda cuman fokus mengingatkan smokering supaya tidak rusak.

Ke dua: Rendam poninya di tempat terpisah kurang lebih setengah jam atau sesuai kebutuhan. Kemudian kucek perlahan sedikit demi sedikit sambil disiran dengan air mengalir. Bagian yang sudah bersih masukkan ke dalam pengeringan. Tuntaskan seperti gambar 4b.

Untuk menghemat tenaga, Anda bisa merendamnya dalam mesin cuci, supaya air bekas cuciannya mengalir ke pembuangan. Dan bagian yang sudah dibilas langsung dipindahkan ke pengeringan tanpa urusan angkat-mengangkat. 

Soal tahapannya terserah Anda. Mau menyelesaikan badan atau poninya  duluan.

Demikian cara mudah mencuci gorden berbahan tebal berenda,  pakai mesin cuci. Bagaimana? Gampang kan? Semoga bermanfaat.

Baca juga: 

****

Penulis,

Hj.NURSINI RAIS

di Kerinci, Jambi

 

16 komentar untuk "Cara Mudah Mencuci Gorden Tebal Berenda Pakai Mesin Cuci "

  1. caranya bisa di coba nih mba Nur, mudah dan simpel, gorden memang harus di bersihkan nih sepertinya kalau sudah dekat dengan bulan Ramadhan, agar kinclong dan enak di pandang he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih tanggapannya, Mas Kuanyu. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. Salamat malam.

      Hapus
    2. selamat malam juga mba Nur, sama-sama

      Hapus
  2. Saya selalu cuci tangan kalau gorden bu..di rendam agak lama biar debunya lepas tuntas. Atau kalau mau praktis anter ke laundry kiloan sejak sebelum bulan puasa biar ga antri atau laundry keburu libur lebaran.
    tahun ini malah belum nyuci soalnya gordennya memang baru dipasang beberapa hari sebelum Ramadhan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau mudah ya, antar ke laundry aja. Tapi kalau gordennya berenda dan pakai cincin. sebaiknya kita cuci sendiri. Biar lebih hati-hati supaya kaitan ringnya tidak rusak. Terima kasih atensinya, ananda Annisa. Selamat istirahat.

      Hapus
  3. wah terima kasih tips-nya bu, selama ini saya mencuci gorden hanya direndam saja agak lama karena takut rusak.. Gorden di rumah model ring minimalis, tapi beratnya lumayan kalo dicuci dengan tangan.. gak kepikiran untuk mengikat ringnya satu persatu kayak digambar.. hehehe.. Alhamdulillah dapat ilmu baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat ya, ananda Naia. Minimalis pakai ring tampa renda. Itu yang paling mudah nyucinya. Sealamat malam. Doa sehat selalu untukmu.

      Hapus
    2. Aamiin.. Do'a yang sama untuk ibu ^_^

      Hapus
  4. Thank you for interesting post ;)

    BalasHapus
  5. Useful sekali, bunda.
    Kita jadi tau cara mencuci gorden yang benar dan bisa mengirit ongkos
    Selama ini gorden dirumah selalu dilaundrykan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuci di laundry menghemat tenaga, cuci sendiri irit duit dan bisa dikerjakan dengan hati-hati supaya awet, pernak-perniknya tidak cepat rusak. Terima kasih telah hadir, ananda Himawan. Doa sehat untuk keluarga di sana.

      Hapus
  6. Oh jadi seperti itu cara mencuci gorden yang praktis, selama ini gorden di rumah selalu di cuci di laundry

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat ya, Mas Hermansyah. Doa sehat untuk keluarga di sana.

      Hapus
  7. tips yang sangat bermanfaat.... simpel.

    thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mas Tanza. Semogabermanfaat. Selamat malam dari tanah air.

      Hapus