Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gila, 7 Raja Ini Punya Istri Terbanyak di Dunia

Zaman sekarang di tanah air tercinta Indonesia ini, belum pernah terjadi seorang Presiden menambah istri lebih dari satu. Jika ada, mungkin  dia dihujat rakyatnya. Khususnya oleh kaum Emak-emak.

Beda dengan sistem pemerintahan tirani. Raja berpoligami dengan ratusan istri bukan hal aneh, bukan pula tabu. Namun, belum ada riwayat yang mengisahkan raja di  republik ini beristri banyak. Kalaupun ada mungkin belum mencapai ratusan orang.

Raja Pakubuwono X misalnya. Dia memiliki selir terbanyak dalam sejarah. Yakni mencapai 40 orang, memiliki anak 60 orang (glitzmedia.co, 12/10/2020). Tetapi  fokus artikel ini tentang perpoligamian raja manca negara.

Berikut raja-raja di luar negeri yang  memiliki istri terbanyak di dunia, dihimpun dari berbagai sumber.

Zaman Kuno

1. Raja Salomon 

Raja Salomon (Gambar diambil dari www.churchofjesuschrist.org)

Raja Salomon memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel selama 40 tahun, (c.970-931 BCE). Dia  dikenal sebagai sosok bijak dan diyakini punya istri 700 wanita dan 300 gundik dari negara asing.

Andaikan ada kontes pemilihan pria punya istri terbanyak sedunia, dialah yang  pantas menyandang gelar tersebut.

Salah satu alasannya memiliki istri banyak adalah karena kebijakan luar negerinya yang agresif. Sebab di zaman kuno,  adalah hal lumrah untuk memberikan putri atau kerabatnya pada raja lain  untuk dinikahi, sebagai bagian dari ketentuan perjanjian. Dampaknya, setiap kali perjanjian terlaksana, Raja Salomon dapat jatah istri baru.

2. Raja Moulay Ismail

Raja Moulay Ismail (Gambar diambil dari bangka.tribunnews.com)
 
Raja ini memimpin Maroko pada tahun  1645-1727. Yaitu  sebuah negara kecil di Afrika.  Dia naik takhta menggantikan saudara tirinya Moulay Al-Rasyid yang meninggal dunia akibat kecelakaan kuda.

Selama hidupnya Ismail diketahui punya 500 istri dan 1.171 anak. Dia terkenal sebagai raja yang brutal dan haus darah. Sebab, ketika dia naik takhta negaranya dilemahkan oleh perang  antar suku.  

Selama 50 tahun Sultan Ismail memimpin dia telah membunuh 30 ribu lebih di medan perang. Dan menangkap  400-1400 pemimpin oposisi dan politisi untuk meredam kekuatan reaksioner. Ismail juga  menghiasi tembok kota Fez dengan 10 ribu tengkorak musuh yang dibunuhnya.

Dalam urusan keluarga pun, Raja Moulay Ismail terkenal tegas. Jika ada salah satu istrinya berselingkuh akan dihukum berat, potong tangan, cabut gigi hingga amputasi payudara. Pria yang menggoda istrinya juga terancam dibunuh. 

3. Fat’h Ali Shah Qajar

Fat'h Ali Shah (gambar diambil dari1. www.merdeka.com)
 
Fat’h Ali Shah Qajar Syah ke dua Iran. Dia memerintah tahun 1797 sampai 1834.  Selama hidupnya dia menikahi 158  perempuan. Kabar lain melaporkan juga bahwa dia memiliki pasangan 1000 lebih.

Namun sebuah buku yang terbit pada tahun 1874 membantah kabar tersebut, yang menuliskan bahwa  Fat’h Ali Shah Qajar hanya punya 4 istri, 800-1000  wanita diraheemkannya.

Tiada kabar pasti tentang keturunan dia. Namun berpedoman pada catatannya,  Fat’h Ali Shah Qajar mungkin punya 56-130 putra,  dan 46-150 putri. Alasan perbedaan ini diperkirakan ketika dilahirkan tidak semua anaknya selamat. 

4. Brigham Young

Bigham Young (Foto diambil dari www.churchofjesuschrist.org)
 
Brigham Young adalah presiden Greja Mormon Yesus Kristus dari Orang Suci Zaman Akhir. Dia lahir tanggal 1 Juni 1801 di Whitingham, Vermont, Amerika Serikat. Meninggal  pada 29 Agustus 1877 (usia 76 tahun), di Salt Lake City, Wilayah Utah, Amerika Serikat. (wikipedia.org).

Brigham Young menikahi  55 wanita. 54 darinya  dia ubah menjadi  Mormonisme. Brigham Young memiliki 56 anak, 46 mencapai  usia dewasa.  

Dari sejumlah istrinya tersebut 23 selamat,  19 orang meninggal dunia, 10 orang menceraikannya, dan 4 orang statusnya tidak diketahui. 

Zaman Modern

5. Raja Sobhuza II

Raja Sobhuza II (Foto diambil dari histiria.id)

Sobhuza II memimpin  Swaziland sejak berusia usia 22 tahun. Tetapi sejak lahir dia ditunjuk menjadi raja. Tak lama kemudian ayahnya meninggal dunia.

Menurut penulis biografi resmi, hingga akhir hayatnya Sobhuza II punya istri kurang lebih 125 0rang.

Obhuza II mulai memimpin Swaziland sejak tahun 1967, sampai dia wafat 21 Agustus 1982 (usia 83 tahun). Ini merupakan pemerintahan paling lama bagi penguasa Afrika Modern. Kemudian diganti oleh putranya Mswati III sampai sekarang.

6. Raja Abbumbi II

Abbumbi II (Foto diambil dari intisari.grid.id)
 
Setelah kematian ayahnya tahun 1968, Raja Abbumbi II menjadi raja ke 11 di Bafut Kamerun. Dia memiliki 100 istri. Tujuh puluh dua darinya merupakan warisan dari ayahnya. Dengan istri sebanyak itu, Abbumba II resmi menjadi ayah dari 500 anak. 

Poligami merupakan tradisi yang turun temurun di Kamerun. Seorang laki-laki, bebas menikahi perempuan sebanyak yang mereka inginkan. Dan sudah menjadi adat istiadat pula apabila raja telah meninggal dunia, penggantinya mewarisi semua istrinya.

Walaupun demikian, praktik poligami manjadi salah satu hal yang paling ditentang di Kamerun. Buktinya, beberapa tahun terakhir angka poligami menurun jika dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.

Raja pemegang peran penting dalam struktur sosial masyarakat Kamerun yang masih memegang teguh kultur. Perannya selain bertanggung jawab atas keadilan, dia juga sebagai pengontrol masyarakat dengan dunia luar.

7. Raja Mswati III

 Raja Mswati III (foto diambil dari dunia.tempo.co)

Mswati III adalah putra Raja Sobhuza II. Dia mewarisi  takhta dari ayahnya Pada tahun 1986. Dikala itu dia berusia 18 tahun.  Semasa kepemimpinannya Mswati  III  telah mengubah  nama Swazilan menjadi eSwatin

Seperti ayahnya, Mswati juga berpoligami. Tetapi istrinya kalah banyak dari ayahnya. Hanya 15 orang, dan memiliki 23 anak.

Saat ini Mswati III sedang menjadi sorotan warganya. Pasalnya, selain punya banyak istri, dia juga membeli puluhan mobil untuk keluarganya menggunakan uang negara.

Demikianlah 7 raja memiliki istri terbanyak didunia, dari Zaman Kuno sampai Era Modern. Mungkin masih ada raja-raja lain yang belum terkcover tersebab serba keterbatasan. Silakan sobat bloggers lain menambahkannya. Sekian. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 

****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi

Sumber Bacaan:

  • https://akurat.co/5-tradisi-pernikahan-
  • https://aceh.tribunnews.com/pria-
  • https://wartakota.tribunnews.com/sosok-
  • https://www.tribunnews.com/internasional/alamak-
  • https://www.haibunda.com/moms-life/fakta-

 

30 komentar untuk "Gila, 7 Raja Ini Punya Istri Terbanyak di Dunia "

  1. Wew banyak amat ya itu istrinya, apalagi yang sampai ratusan seperti raja Shah Iran, apa tidak capek ya mengurusnya.

    Ternyata di Kamerun sampai sekarang bebas memiliki istri berapa pun ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya begitu, Mas Agus. Mereka tak pakai capek. Segala sesuatunya tinggal perintah. Namanya raja. He he .... Selamat malam, salam buat keluarga di sana.

      Hapus
  2. Waah.. ada yang sampe 500 ya😅 baru tau, terimakasih untuk artikelmya Bu Nur..Bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang 1000, selamat malming, Mas Warkasa. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus
  3. Oh! Raja Solomon punya 700 isteri! Tak dapat dibayangkan seumur hidupnya bolehkah mengenali isterinya satu persatu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he .. Ditambah 300 selir. Jadi 1000. Mungkin ada istriny yang kurang dia kenal ya,ananda Ami. Selamat malming.

      Hapus
  4. Wah, gimana cara bagi2 waktunya ya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he .... Jangan2 ada yang wajahnya kurang dia kenal. Selamat malming, ananda Dinni. Salam sehat selalu.

      Hapus
  5. Halo bunda ! Tulisan yg sangat keren.
    Semoga selalu sehat bunda biar bisa menulis dan berbagi informasi
    Salam blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello juga Say, kok gak nulis lagi di blogmu? Selamat berhari minggu ya. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  6. Jadi inget berita dulu yang orang india atau entah mana punya istri sampe 80 ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ananda Srie. Namanya Ziona Chana. Dia telah meninggal seminggu lalu. selamat berhari minggu. Terima kasih telah mengapresiasi

      Hapus
  7. Itu mah gak bakal hafal satu per satu nama istrinya. Mungkin buat istri2nya juga merupakan suatu kebanggaan bisa masuk deretan istri2nya raja 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he ... Boleh jadi gak hafal, Bang Siregar. Mereka2 dikaruniai dada lapang anti cemburu. Kalau saya, udah, pilih kabur aja dari istana. Selamat siang, terima kasih telah singgah.

      Hapus
  8. Wah diwariskan... saya baru tau kalo ada praktik mewariskan istri.. terima kasih infonya, bunda.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ... Tak terbayang kalau Emaknya juga ikut diwariskan ya, ananda Naia. Sebabnya si Emak juga istrinya Bapak.

      Hapus
  9. Wah baca ini jadi iri aku bu nur,,
    Enak yah jadi raja bis punya bnyak istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha .... Jangan ah, ananda Norfahrul. Itu bukan contoh yang baik. Orang banyak bini itu banyak bohongnya. Selamat malam. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus
  10. Kalau presiden kita poligami sih jelas bakal kena hujat rakyatnya ya, Bu. Makanya sampai sekarang belum ada yang berani poligami. 🤣🤣🤣

    Ngomong-ngomong itu banyak sekali istrinya. Sampai ratusan, lho. Saya gak kepikiran, gimana cara si raja menghapal nama istrinya satu per satu. Atau malah-malah si raja sering salah panggil nama istrinya saking banyaknya. 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin yang paling dia hafal nama istri termuda dan tercantik saja kali ya. He he ... Selamat malam, Mbak Roem. Terima kasih telah berkenan singgah. Maaf telat merespon.

      Hapus
    2. Mungkin yang dia hafal nama istri termuda dan tercantik aja kali ya. He he ... selamat malam Mbak Roem. Terima kasih telah singgah. Maaf telat merespons.

      Hapus
  11. Hhmmm.... itu sesuatu yang dibenci sorang wanita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kayaknya bini-bininya tambah cinta, Mas. Selamat malam.

      Hapus
    2. Belum tentu. Bisa jadi para selir itu tidak ada pilihan menghadapi keinginan rajanya. Atau bisa jadi karena kemewahan, bukan cinta.

      Hapus
  12. Konon presiden Indonesia yang setia itu awalnya cuman Soeharto ya Bu, presiden sebelumnya jauh dari setia, sampai konon kabarnya punya anak yang nggak terakui.

    Saya sering diceritain mama saya, kalau dulu kakeknya punya 4 istri, semuanya hidup bersamaan dalam satu rumah.

    tapi kakeknya malah lebih baik, yang lain punya istri lebih dari itu, apalagi kalau keturunan sultan, udah deh istrinya banyak, belum termasuk wanita-wanita tempat melepas syahwatnya aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah. 4 istri tinggal satu rumah. Bererti si kakek orangnya bijak dan adil. Sehingga istri2nya betah dalam rangkulannya.
      He he ... Label keturunan Sultan dijadikanya azimat untuk menggaet wanita Cantik. Allaahuakbar. Selamat pagi ananda Rey. Terima kasih atensinya. Doa sukses untukmu selalu.

      Hapus
  13. Sejarahnya menarik Bu.
    Di satu sisi penasaran dan bertanya-tanya, ternyata perempuan itu memang sudah terobjektifikasi dari dulu. Di sisi lain, privilege-ku juga terlahir di jaman modern, yang mana suara-suara untuk hak-hak perempuan didengarkan dan lebih punya banyak pilihan dan kesempatan seperti laki-laki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, ananda Pipit. Karena perempuan itu diciptakanNya sebagai makhluk lemah untuk ditaklukkan oleh kaum adam.

      "... privilege-ku juga terlahir di jaman modern, yang mana suara-suara untuk hak-hak perempuan didengarkan dan lebih punya banyak pilihan dan kesempatan seperti laki-laki." >>>> .... Justru itu yang patut disyukuri oleh anak2 yang lahir di zaman modern. Selamat pagi. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus