Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

35 Kata-kata Mutiara Bijak Penyemangat Hidup, Simple dan Penuh Makna.

Uncategorized

Ilustrasi Kata-kata  Mutiara Bijak Penyemangat Hidup. (Sumber Foto: www.istockphoto.com)

Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini, kata-kata mutiara bijak sering dijadikan penyemangat hidup yang  cendrung melemah akibat berbagai masalah.

Di sisi lain, setiap manusia normal pasti punya impian untuk mengubah hidupnya ke arah lebih baik.  Untuk itu diperlukan usaha untuk menggapainya.

Namun, kadang-kadang upaya yang dilaksanakan tidak semulus jalan tol. Banyak lika-liku yang harus dilewati, perlu pengorbanan moril dan materil.

Tetapi jangan galau. Justru onak dan ranjau penghalang itu membuat kita mampu berpikir dan bertindak matang, dalam meraih kesuksesan.  Kunci terpentingnya adalah memelihara semangat hidup. Yakni, semangat yang lahir dari dalam diri sendiri.

Bukan berartri kita tidak butuh dorongan dari orang lain. Bahkan kita perlu banyak belajar dari pengalaman orang lain.  

Kegiatan membaca pun  dapat dijadikan sebagai obat ajaib untuk menyemangati diri. Salah satunya ya, itu tadi, dengan membaca kata-kata mutiara bijak.  

Berikut disajikan 35 kata mutiara bijak penyemangat hidup simpel dan penuh makna.

Kata-kata penyemangat ini saya rangkum dari kata-kata bijak yang diselipkan oleh empunya Merry Riana dalam bukunya Langkah Sejuta Suluh.

Kata-kata Mutiara Penyemangat Hidup Simple dan Penuh Makna 

Ilustrasi Kata-kata  Mutiara Bijak Penyemangat Hidup. (Tangkapan layar Instagram putraku) 

1.“Menjadi sukses dan bergerak cepat bukan berarti kita harus bekerja habis-habisan dan ngoyo. Kita tetap harus bertumbuh dan belajar.” 

2. “Yang penting bukanlah bagaimana kita memulai sesuatu, tapi bagaimana kita menyelesaikan sesuatu. Perlombaan lari tidak pernah dilihat dari siapa yang berada paling depan ketika pertandingan  dimulai, tapi siapa yang menembus garis akhir paling dulu.”

3. “Kerja keras tak akan pernah berakhir dengan sia-sia.”

4. “Tuhan akan bersama orang-orang yang mau menolong dirinya sendiri. Tapi Tuhan juga akan selalu bersama orang-orang yang  bukan menolong dirinya  sendiri, tapi juga orang lain.”

5. “Orang termotivasi melakukan sesuatu karena dua hal. Pertam karena penderitaan, ke dua karena kenikmatan.”

6. “Manusia harus bertumbuh. Kalau tidak, ia akan menurun. Tumbuh bukan saja secara finansial, tetapi juga intelektual, sosial, dan spiritual. Dari pertumbuhan itu kita bisa berbagi kepada sesama.”

7. “Menjadi sukses bukan hanya berkutat dengan kesuksesan diri sendiri, tetapi seharusnya menjadi kesuksesan global yang menyentuh banyak manusia, yang membangkitkan harapan bagi kemanusiaan.”

8. “Ketika kesuksesan berada di tangan, kita bukan saja menyuburkan tanaman di ladang milik kita, tapi kita juga menyuburkan ladang milik orang lain.”

9. “Tidak ada kekalahan sebelum benar-benar waktu sudah habis. Kalau kita tetap tidak menyerah, selalu ada kesempatan di detik-detik terakhir.”

10. “Lamban dan konsisten itu bagus, tetapi lebih bagus lagi kalau cepat dan konsisten.”

Kata-kata Mutiara Penyemangat Hidup Simple dan Penuh Makna

Ilustrasi Kata-kata  Mutiara Bijak Penyemangat Hidup. (Tangkapan layar Instagram putriku)

11.”Waktu tidak dapat diputar ulang. Apa yang kita putuskan  dan kerjakan sekarang, memiliki konsekwensinya masing-masing.”

12. “Memiliki mimpi di masa muda sangat penting. Apa yang kita pikirkan, katakan, dan lakukan hari ini adalah apa yang akan menciptakan masa depan kita.”

13. “Keberuntungan itu dibentuk bukan ditunggu. Dia tak akan datang kalau kita hanya duduk-duduk berpangku tangan.”

14. “Selama kita berkomitmen untuk melakukan yang terbaik, Tuhan pasti  mendengar doa kita.”

15. “Kalau kita menemukan hambatan dalam bekerja, jangan putus asa. Kita harus berani mengubah strategi.”

16. “Orang yang bekerja keras menciptakan keberuntungan untuk dirinya sendiri.”

17. “Tidak ada pekerjaan yang berat. Berat atau  ringan hanya ada dalam pikiran kita. Kalau kita mengerjakannya dengan gembira, beban akan terasa ringan dan lapang.”

18. “Kalau kita sudah  tenggelam dalam perasaan iri hati, apa pun yang kita perbuat bukan untuk kebangkitan pribadi, tetapi malah terarah pada orang yang kita benci. Pada akhirnya seperti pensil yang patah, energi pun tumpul.”

19. “Cemburu dan dengki adalah muara kejatuhan bagi setiap orang.”

19. “Orang-orang yang berhati besar, senang berbagi demi kepentingan bersama.”

20. “Kita membutuhkan semangat dan pikiran positif untuk memenangkan pertempuran. Sebelum berangkat ke medan perang pun semangat yang tinggi sudah memberikan kemungkinan lima puluh persen kemenangan.”

Kata-kata Mutiara Penyemangat Hidup Simple dan Penuh Makna

Ilustrasi Kata-kata  Mutiara Bijak Penyemangat Hidup. (Tangkapan layar Instagram putriku) 

 21. “Manusia yang berpikir positif selalu melihat kondisi dengan keadaan yang lebih baik. Mereka memiliki misi. Mereka sanggup memandang masa depan lebih semangat.”

22. “Sesuatu yang dianggap negatif bagi orang lain, bisa dijadikan kesempatan besar bagi orang-orang yang memiliki gambaran masa depan yang selalu positif.”

23. “Dalam hidup ada masa-masa paling gelap di tengah yang tergelap. Sebelum mencapai sesuatu, ada hal yang sangat sulit. Pada saat itu kita harus saling menguatkan, tak mudah menyerah, sebab Tuhan pasti akan bantu.”

24. “ ‘Percayalah padaku’ adalah   kalimat magis yang bisa menyembuhkan penyakit tidak percaya diri. Kadang kita juga harus mengatakan kalimat itu kepada diri sendiri.”   

25. “Puncak (kesuksesan, Red) tertinggi tidak berada di atas langit, melainkan berada di bawah, dekat dengan sesama manusia lain.”

26. “Semakin kita berpikir yang buruk, semakin kita tercekam dalam ketakutan. Semakin kita ketakutan semakin kita lumpuh.”

27. “Dengan aktif bekerja, kita akan membunuh pikiran-pikiran negatif dalam kepala. Pikiran negatif akan muncul jika kita tidak melakukan apa-apa. Kalau kita diam. Kalau kita menganggur. Kalau kita membesar-besarkan kesedihan.”

28. “Pesaing tak perlu dibalas dengan serangan balik. Menyerang mereka cukup dengan menciptakan kualitas hidup dan prestasi yang semakin menjulang dan berkilau.”

29. “Tidak ada yang lebih  menyakitkan, daripada merasa terbuang.”

3o. “Manusia sebagai bagian dari kelompok sosial. Penghukuman terbesar dan paling menyedihkan adalah hukuman pembuangan.”

Kata-kata Mutiara Penyemangat Hidup Simple dan Penuh Makna

Ilustrasi Kata-kata  Mutiara Bijak Penyemangat Hidup. (Tangkapan layar Instagram putriku)  

32.” Kegagalan bukan akhir segalanya. Kegagalan sebenarnya prakata dari kesuksesan . Dari gagal, kita malah menemukan solusi untuk mencapai keberhasilan.”

33. “Jangan takut dengan kegagalan. Dalam bentuknya yang paling halus, kegagalan adalah guru tersabar untuk mata pelajaran sukses.”

34. “Kesuksesan seseorang tergantung dari apa yang ia pikirkan, ucapkan, dan lakukan.”

35. “Menang atau kalah (dalam berjuang, Red) urusan belakangn, tapi tak menyerah itu adalah harga mati.”

Baca juga: 

*****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci Jambi
________________

Sumber Bacaan:
Riana, Merry,  Langkah Sejuta Suluh, PT. Gramedia Pustaka Utama,  Jakarta, 2014.

29 komentar untuk "35 Kata-kata Mutiara Bijak Penyemangat Hidup, Simple dan Penuh Makna."

  1. Terima kasih atas perkongsian, penggalak semangat, spirit booster. dikala turun naik mood.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, sobat. Semoga mood kita tetap terjaga ya. Amin. Terima kasih juga telah singgah.

      Hapus
  2. Baca kata2 bijak kayak gini bikin pikiran jadi positif,, eh btw aputriku itu siapanya bu nur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak sulungku, ananda Alul. Yang cowok itu si bungsu. terima kasih telah singgah. Ya. Selamat malam.

      Hapus
  3. Woowww!!! Semuanya serba menarik bu Haji.😊😊😊😊 Sampai terpesona aku membacanya, Bahkan semua kamut2 diatas menarik lho kalau dijadikan Status FB atau hal sejenisnya...😊😊😊

    Tapi memang bu Haji sepertinya dari dulu sudah pandai merangkai kata demi kata hingga menjadi Kamut menarik.😊😊😊

    BalasHapus
  4. Duh, saya tersanjung, Mas Satria. Saya hanya tukang kutip dari sumbernya. Selamat malam. Terima kasih telah singgah. Doa sehat untuk keluarga di sana.

    BalasHapus
  5. banyak kata kata bijak yang bisa jadi pedoman hidup...

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas Tanza, asal kita bisa memahami, merenung, dan mempraktikkannya kapan diperlukan. Selamat akhir pekan, Doa sehat dari tanah air.

      Hapus
  6. Wah, motivasi dengan kata kata bijak yang luar biasa, saya memilih yang ini aja ya Bu Nur, “Manusia yang berpikir positif selalu melihat kondisi dengan keadaan yang lebih baik. Mereka memiliki misi. Mereka sanggup memandang masa depan lebih semangat.”, saya lebih suka dengan orang yang berpandangan positif, termasuk dengan pandangan orang yang mungkin berseberangan, tidak boleh menghujat dan selalu memandang sebagai kritik yang membangun. Salam sehat dan selamat beraktifitas Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super sekali, Pak Eko. Saya bertekat akan teguh mengikuti jajak Pak Eko. Ngapain kita berpikir negatif. Bisa mematikan semangat hidup. Tentang orang yang beda pandangan, Tak mungkin kita bisa mengubah isi kepala orang lain untuk sepaham dengan kita. Prisip kita pun belum tentu juga benar. Selamat berakhir pekan. Salam sehat selalu.

      Hapus
  7. Super sekali, Pak Eko. Saya bertekat akan teguh mengikuti jajak Pak Eko. Ngapain kita berpikir negatif. Bisa mematikan semangat hidup. Tentang orang yang beda pandangan, Tak mungkin kita bisa mengubah isi kepala orang lain untuk sepaham dengan kita. Prisip kita pun belum tentu juga benar. Selamat berakhir pekan. Salam sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yang mengikuti jejak Bu Nur yang selalu memberi motivasi dan semangat kepada semua orang. Motivasi dan semangat yang membuat senantiasa kreatif dan penuh dengan ide ide baru. Salam sehat Bu Nur.

      Hapus

  8. Terima kasih untuk bulir kata semangatnya bunda???? Itu ayutriku putri bunda ya????usianya pasti seumuran dengan tari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, ananda tari. Semoga kata demi kata dapat bermanfaat.

      Betul, dia putri bunda, udah 41 tahun. Anaknya satu, kelas 1 smp. Mungkin jauh di atas Tari. Yang cowok berdiri di mobil itu adeknya, bungsu 37 tahun. Punya anak 4.
      Terima kasih telah singgah. Selamat sore

      Hapus
  9. Membaca ini membuat semangat kembali bangkit Nek, apalagi di nomor 2 & 8

    Relate dengan kehidupan sendiri, semangat terus menulisnya ya NekπŸ‘πŸ˜πŸ‘.

    Blog Teddy sudah rilis Cerita Interaktifnya silakan dibaca ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semangat dan segala rencana cepat terlealisasi ya, cucunda.
      Insyallah siap berkunjung. Maaf telat merespon. Nenek di sini seharian listrik padam. Sinyal kosong . Jam 6 sore baru menyala.

      Hapus
  10. Kata-kata begini jadi inget kata motivator andalanku mbak

    "Jangan takut miskin, karena kamu ga pernah kaya".

    wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Jangan takut miskin, karena kamu ga pernah kaya" >>>> .Duh, Kata nan indah yang sangat mengena. Selamat sore, Mas Andie. Terima kasih telah hadir.

      Hapus
  11. Semangat Eyang Uti, kata semangat yg membangkitkan gairah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, cucunda. Kuncinya semangat, eksekusi, dan berdoa. Salam sore darijauh.

      Hapus
  12. Mantap banget nek, nnt saya kumpulkan di blog ah kata2 mutiara saya πŸ˜πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, dia. Artinya, tulisan ini bisa menginspirasi. Terima kasih tanggapannya ananda Dinni.

      Hapus
  13. Tidak ada kekalahan sebelum benar-benar waktu sudah habis. Kalau kita tetap tidak menyerah, selalu ada kesempatan di detik-detik terakhir.

    Sangat mengena sekal bun kata-kata mutiara yang ini. Terima kasih bunda untuk tulisan yang mood booster sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, ananda Regen. Mari kita sama-sama bangkitkan semangt hidup. Mekipun usia bunda ini sudah mendekati garis pinish. He he ... Selamat sore. Doa sehatdari jauh.

      Hapus
  14. Saya masih belajar untuk bekerja dengan lebih cerdas nih Bu, biar kayak --> “Menjadi sukses dan bergerak cepat bukan berarti kita harus bekerja habis-habisan dan ngoyo. Kita tetap harus bertumbuh dan belajar."

    Rasanya saya tuh kalau kerja, terlalu ngoyo kata orang, tapi sejujurnya sih saya nggal merasa ngoyo, saya hanya suka banget kerja, apalagi kalau menghasilkan uang, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allah meninggikan darajat orang yang bekerja, ananda Rey. Kami sekeluarga juga lumayan pekerja.
      Tetapi semasa muda. Dikatakan pekerja keras, mungkin terlalu berlebihan. Sekarang gak kuat lagi. selamat malam, terima kasih telah singgah. Doa berkah untuk kita semua.

      Hapus
  15. kata2 yang bagus dan bikin termotivasi untuk lebih giat lagi, terima kasih bunda, maaf baru sempat berkunjung ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf juga telat merespon, ananda Naia. Terima kasih partisipasinya. Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua.

      Hapus