Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan. Mau Coba?

Uncategorized

 
Ilustrasi: Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan (dokpri) 

Ikan gabus  adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup liar di Danau Kerinci.

Masyarakat  setempat menyebutnya lauk “uan”. Lauk = ikan, uan plesetan dari kata aruan atau haruan (nama lain ikan gabus)..

Orang kampung saya Inderapura sana membahasakannya  lauk kramutiang. Begitulah uniknya Indonnesia Raya. Kaya bahasa kaya budaya.

Oh, ya. Ikan gabus juga  banyak ditemui di rawa-rawa dan di sawah, yang airnya belum tercemar oleh pestisida.

Berikut saya akan mengulas sedikit tentang ikan gabus dan manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Ikan Gabus itu gurih dan kaya daging

Daging ikan gabus tak kalah gurih dibanding ikan air tawar kebanyakan. Seperti  mujair, barau, dan ikan-ikan lainnya. Kian besar ukurannya,  dagingnya semakin enak. 

Kelebihan lain dari ikan gabus itu,  kaya daging  dan  sedikit tulang.  Tak heran ikan predator ini digemari oleh nenek-nenek  ompong dan anak-anak.

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan

Di desa saya harga ikan  gabus Danau Kerinci ini lumayan mahal. Terlebih, kalau sedang langka.  Karena ia sering dicari-cari konsumen.

Sebab,  di kampung-kampung ikan bersisik dan berkepala besar ini terbukti ampuh  mengobati berbagai penyakit.  Seperti sakit kulit, menyembuhkan luka setelah cidera dan  sunat rasul, serta luka habis operasi caesar.

Kalau musimnya sedang sedikit, sementara konsumen banyak yang mencari, berapa pun harganya dibeli orang.  Syukur,  emak-emak penjual ikan di Desaku, bukan type pedagang yang suka mencekik. Paling, kalau lagi banjir bisa ditawar, saat langka harganya pas-pasan. Kalau naik tidak seberapa. Pagi tadi, hanya menyentuh angka Rp 35 rb per kilogram.

Manfaat ikan gabus bagi kecantikan

Mengutip dari mommiyasia.id, (20/03/2019), ikan gabus tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan. Antara lain menyembuhkan jerawat, melembab  serta menghaluskan kulit, hingga  menyamarkan kerutan pada wajah. 

Masih dari sumber yang sama, rajin makan ikan gabus bisa membuat awet muda. Sebab, kandungan mineral, protein  dan lemak yang berfungsi menutrisi sel jaringan kulit hingga jadi lembab, cerah, dan elastis.

Selain itu, kandungan zat besi dalam ikan gabus dapat membantu proses regenerasi sel darah merah, hingga kulit wajah tampak lebih segar dan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya.

Fakta membuktikan, sahabat saya yang suka makan ikan gabus kulitnya lebih kencang dan cerah daripada saya yang anti makan ikan gabus. Padahal saya dan dia seumuran. 

Demikian manfaat ikan gabus untuk kesehatan dan kecantikan. Sebenarnya menurut beberapa sumber, masih banyak khasiat lainnya. Seperti mencegah kanker, mencegah gangguan hati, membantu pembentukan otot tubuh, baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang, dan segudang manfaat lainnya. Supaya tidak terlalu panjang, kita batasi hingga ini saja.

Bagaimana? Apakah Anda sering mengonsumsi ikan gabus? Pertahan kegemaran tersebut. Yang belum pernah mencoba, mulai besok silakan beli dan diolah dalam berbagai masakan buat menu santapan teman nasi bersama keluarga. Semoga bermanfaat. 

 Baca juga: 

*****
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
Kerinci, Jambi

22 komentar untuk "Ikan Gabus dan Manfaatnya bagi Kesehatan dan Kecantikan. Mau Coba?"

  1. "ikan gabus tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan"....

    wow... mantap.....

    belum pernah makan ikan gabus, karena waktu di Indonesia tinggalnya dekat laut, hanya mengkonsumsi ikan ikan laut....

    # Tulisan bermanfaat.... thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semasa kecil, di kampung, saya juga tinggal tak jauh dari pinggir laut, Mas Tanza. Saya malah tidak suka ikan air tawar. Selama di rantau dekat pinggir Danau Kerinci sudah beransur mau. Tapi hanya ikan tertentu saja. Selamat malam dari tanah air.

      Hapus
    2. Semasa kecil, di kampung, saya juga tinggal tak jauh dari pinggir laut, Mas Tanza. Saya malah tidak suka ikan air tawar. Selama di rantau dekat pinggir Danau Kerinci sudah beransur mau. Tapi hanya ikan tertentu saja. Selamat malam dari tanah air.

      Hapus
  2. Ikan gabus juga banyak di Palembang, bund. Sering dijadjkan sebagai bahan untuk pempek hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, ananda. Di daerah Sumsel rupanya juga banyak menghasilkan ikan air tawar. Buktinya ikan salai dari sana sering dijual sampai ke Kerinci. Selamatmalam, ananda. Terima kasih telah mampir.

      Hapus
  3. Ikan gabus tu ikan haruan yang Bu Nur? Mungkin rupanya tu buat ada yang tidak gemar makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia, ananda. Orang Malysia bilang haruan. Terima kasih telah mengapresiasi

      Hapus
  4. Ikan gabus ini memang banyak banget manfaatnya tidak heran di daerah tertentu harganya cukup mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal ikan, pasti Mas Kuanyu ahlinya. He he ... . selamat sore. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
    2. Ah mba Nur bisa aja, he-he, sama-sama mba

      Hapus
  5. Teman saya yang baru selesai operasi patah tulang makan ikan gabus setiap hari. Konon menyembuhkan luka dalam dan cepat menyambung tulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, orang kampung sangat fanatik pada ikan gabus untuk penyembuhan luka. Terima kasih telah singgah, Pak Budi. Salam sehat buat keluarga di sana.

      Hapus
  6. Ikan gabus meski di daerah Jember juga mahal Nek, selain jarang dan sulit didapat biasanya yg mencari ikan gabus umumnya buat obat. Selamat pagi Bu Nur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore, ananda Nita. Bunda sering ke blogmu. Ayo tambah tulisannya. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  7. Terimakasih untuk artikelmya Bu Nur.. bermanfaat 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Mas Warkasa. Selamat sore. Doa berkah untuk keluarga di sana.

      Hapus
  8. Thx infonya. Ikan bagus banyak khasiatnya, terutama berkaitan dengan kesehatan kulit. Sukses selalu untuk blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin Pak Vicky. Terima kasih informasi tambahan nya. Selamat sore.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Hallo Mas Susy! Apa kabar? Semoga sehat selalu ya. Doa sukses untumu disana.

      Hapus
  10. kami sekeluarga sangat suka ikan kecuali mbul bunda hiks...walaupun sebenernya ikan itu banyak gizinya..makanya kalau ikan itu harus pintar ngolahnya (main di bumbu) biar mbul itu mau nyantap hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama , ananda Mbul. Bunda juga gak suka makan ikan gabus. He he ... Karena bunda tinggal tak jauh dari laut. Ikannya ikan laut. Selamat malam, terima kasih telah singgah. Sehat selalu ya ananda.

      Hapus