Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kata-kata Bijak Inspiratif, Memotivasi, Simple, dan Maknyus

 Motivasi

Ilustrasi  Kata-kata bijak inspiratif, (Sumber foto: tangkapan layar dari Instagram Putriku)

Kata-kata bijak bukan mantra penawar lara. Tetapi ia mempunyai magnet tersendiri untuk menginspirasi dan memotivasi  pembacanya.

Tak heran, kata-kata yang mengandung magis ini banyak dicari oleh orang yang membutuhkan semangat baru.

Lebih-lebih zaman pandemi seperti sekarang. Hampir dua tahun kita dicekam kekhawatiran. Banyak beraktivitas di rumah, sehingga pikiran menjadi suntuk.

Mungkin dengan membaca kata-kata mutiara inspiratif, kita bisa keluar sejenak dari kejenuhan dan dapat mensugesti diri agar terus bersemangat menggapai masa depan.

Selain itu diharapkan pula, dengan merenung kalimat-kalimat inspiratif mampu membuka cakrawala berpikir pembacanya untuk menemukan dan melakukan hal-hal yang baru, sembari bergandeng tangan memerangi Covid 19 saat ini.

Berikut disampaikan kumpulan kata-kata bijak inspiratif, memotivasi, simple dan maknyus. Quote ini  dikutip dan diolah dari bacaan berkualitas yang ditulis oleh DR. ‘Aidh Al Qorni, MA.

Kata-kata  Bijak Ispiratif Tentang Hawa Nafsu

  •  “Di sana ada sebuah jalan yang akan mengantarkan Anda pada kebahagiaan. Yakni, berhentilah memikirkan yang Anda tidak memiliki kemampuan untuk mengatasinya.”
  • “Kalau Anda memanjakan nafsu, dia akan selalu menuntut keinginannya. Tetapi jika Anda paksakan untuk menerima apa adanya dia akan tunduk”
  • “Jika seseorang menjerumuskan dirinya dalam kemauan hawa nafsunya, mengurungkan diri dalam kerangkang hawa nafsunya, lalai dalam segala sesuatu yang berguna bagi dirinya, sesungguhnya dia telah memilih tempat yang buruk untuk di dunia dan akhirat.” 
  • “Kekayaan yang dihasilkan tanpa jerih payah sebagian besar berubah menjadi laknat, bukan nikmat, berganti dengan sengsara bukan bahagia.”
  • “Tidak semua yang Anda cita-citakan itu dapat diraih, Angin bertiup ke arah yang tidak disukai perahu.”
  • “Cita-cita yang benar itu akan membuahkan hasil yang terbaik. Sekalipun tidak terealisasi, setidaknya kita pernah hidup dengan senang.”
  • “Jangan pernah merasa yakin dengan harta yang Anda  dimiliki, Anda bisa memenuhi segala yang diinginkan, bahkan dunia pun bisa bersujud kepadamu.”

Kata-kata Bijak  Inspiratif Tentang  Usia dan Waktu

  • “Ada dua nikmat yang dilupakan oleh kebanyakan manusia, yaitu nikmat kesehatan dan nikmat waktu luang. (Sabda Rasul).”
  • “Sesungguhnya umur adalah permata yang sangat berharga dan tidak dapat ditukar dengan materi.”
  • “Hakekatnya umur adalah hembusan napas. Setiap hembusannya yang keluar tak mungkin bisa kembali lagi. Kenapa harus disia-siakan usiamu tanpa mau melakukan apa-apa.”
  • “Saat kehilangan semua yang Anda raih, Anda akan menangis, merasa kecewa, dan gigit jari. Lalu bagaimana dengan usia yang telah Anda sia-siakan begitu saja tanpa Anda sadari.”
  • “Sesungguhnya Anda sering membuang saat-saat bahagia dalam hidup ini, hanya demi hal yang tidak ada gunanya.”
  • “Anda memang tidak bisa hidup tanpa harta, tetapi seluruh harta yang Anda miliki tak bisa memperpanjang usiamu barang satu hari pun.”
  • “Jika kerja keras merupakan misi orang-orang yang masih hidup, maka para pengangguran adalah orang-orang telah mati.”
  • “Jika dunia ini diibaratkan sebuah lahan untuk menanam kehidupan yang kelak menghasilkan  manfaat lebih besar, maka para  pengangguran itu pantas dikumpulkan bersama orang yang bangkrut.”
  • “Banyak orang yang rela mengorbankan masa muda dan kesehatannya demi menumpukkan harta. Lalu melewatkan masa sisa usianya untuk mendapatkan kebahagiaan. Sayangnya, yang merekadapati malah kesengsaraan. Mereka berupaya untuk tetap sehat, tetapi  dirinya disarangi oleh penyakit yang sulit disembuhkan.” 
  • “Tidak seharusnya seseorang menyia-nyiakan separoh usianya buat persaingan yang tidak jelas.”

Kata-kata Bijak Inspiratif Tentang Sopan Santun dan Kreativitas

  • “Sikap santun itu laksana jenis keahlian yang canggih, yang bisa digunakan untuk menundukkan kuda yang binal, dapat mengendalikan kebodohan, dan hawa nafsu. Sedangkan sikap berhati-hati identik dengan teliti, tidak terburu-buru, dan menghadapi segala sesuatu dengan pemikiran yang bijak.”
  • “Seseorang yang bersikap hati-hati jarang menyesal atau terlibat urusan yang berakhir dengan hal-hal yang misterius.”
  • “Barang siapa yang tidak memiliki sikap santun dan sikap berhati-hati, ia akan banyak kehilangan kebaikan dan sering terancam oleh kecemasan.”
  • “Orang yang tolol dan tempramental berpotensi menambah kejahatan,  mendatangkan keburukan dan  mendorong munculnya kecemasan.”
  • “Orang yang menyayangi diri sendiri dan orang lain, adalah pribadi yang pandai  bersikap tenang berhati lapang, dan berjiwa kalem.”
  • “Bayak orang yang sehat fisiknya mengalami goncangan dalam bahtera hidupnya, karena mereka tidak memiliki cita-cita yang didambakannya, tidak memiliki pekerjaan yang ditekuninya, dan tidak memiliki misi untuk disukseskannya  dengan tulus.”
  •  “Sesungguhnya hidup ini diciptakanNya dengan benar, langit dan bumi diciptakanNya dengan benar, maka manusia harus mengenal dan merenungkan kebenaran itu dengan baik dan benar.”
  • “Kuatkanlah rasa percaya Anda bahwa sesungguhnya tidak ada yang mustahil dalam hidup ini.”

Demikian kumpulan kata-kata inspiratif, memotivasi, simple, dan maknyus ini disampaikan dalam  bahasa sederhana. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 

****
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci , Jambi
________________

Sumber bacaan: Buku ke Dua “Bahagia Tanpa Batas” Karya DR. ‘Aidh Al Qorni, MA.  (2006).

20 komentar untuk "Kumpulan Kata-kata Bijak Inspiratif, Memotivasi, Simple, dan Maknyus"

  1. Mantap banget nek, keren nih saya belum bisa mengejar nenek 🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ..., nenek tersanjung. Belum seujung kuku anak muda, cucunda. Terima kasih telah singgah. Doa sejahtera untuk keluarga di sana ya.

      Hapus
  2. wah.... ternyata banyak kata kata bijak yang bisa mendorong kita untuk tetap optimis dalam hidup....

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Mas Tanza. Terima kasih telah mengapresiasi. Salam dari tanah air.

      Hapus
  3. Wah mantul banget reviewnya..tak hanya yg muda yg berkarya yg sudah usia tak kalah mantulnya 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar juga, ananda Nita. Selamat sore. Doa sukses selalu untukmu di sana ya.

      Hapus
  4. Terima kasih untuk artikelnya Bu Nur, bermanfaat😊👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAmin. Terima kasih kembali, Mas Warkasa. Selamat malam. Salam sukses selalu.

      Hapus
  5. Terima kasih sharing kata kata Bijak nya Bu Nur, lengkap, kata kata bijak untuk hawa nafsu supaya ada pengendalian diri, Kata Kata Bijak untuk Usia dan waktu, jangan sia siakan waktu dan umurmu, dan Kata Kata bijak untuk Sopan Santun dan kreatifitas sangat cocok untuk saat ini yang banyak yang tidak beradab. Inspiratif Bu Nur, Salam Sehat dan salam untuk keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he ... kadang-kadang kita tak habis pikir dengan kondisi sekarang ya, Pak Eko. Sebagian anak-anak sudah tidak peduli lagi dengan sopan santun. Terima kasih atensinya. Doa sehat juga untuk Pak Eko sekeluarga.

      Hapus
  6. Kata bijak zaman dulu: Biar lambat asal selamat. Tapi steve Job tidak respek, bilang: lupakan pikiran bodoh itu, kamu akan tertinggal seribu mil.

    Sekarang masanya cepat, tepat dan akurat. Sekarang adalah masa kita berhitung dan menggunakan rasio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Super sekali, Mas Syofyan. Terima kasih ulasan tambahannya. Setuju pakai banget dengan Steve Job. Terima kasih juga telah singgah.

      Hapus
  7. Terima kasih bunda, Masya Allah jadi pengingat untuk diri ini yang sering lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, ananda Naia. Mari kita saling mengingat. Karena manusia tak pernah luput diri khilaf dan lupa. Selamat malam. Salam sehat untuk cucu di sana ya.

      Hapus
  8. Komplit banget kata-kata bijaknya boleh minta satu ngga nih? Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ajah Mas Herman. Jangan satu.Silakan ambil semua. he he .... Salamat malam. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  9. Indah gaya bahasanya. Tinggi nilai falsafahnya. Namun saya berusaha untuk memahami maksud tersirat di sebalik kata-kata yang tersurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah singgah, ananda Amie. Salam sehat dari seberang, selamat malam.

      Hapus
  10. Ibuuu, saya sekarang baru merasakan nikmatnya waktu luang Bu.
    Dulunya suka ngeluh kalau nggak ada kerjaan, sekarang malah fakir banget saya ama faktu istrahat, apalagi waktu luang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan itu punya kepuasan tersendiri. Apa lagi kalau aktivitas yang menghasilkan uang. Selamat berakhir pekan ananda Rey. Terima kasih telah berkenan singgah.

      Hapus