Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Teknik Agar Terlihat Awet Muda. Nomor 2 Cocok juga untuk Pria

Kecantikan

IlustraSi:  3  Teknik Agar Terlihat Awet Muda. (Sumber foto: Yuni Shara. /Instagram/yunishara36. Dikutip dari beritadiy.pikiran-rakyat.com)

Tua adalah peristiwa yang tak dapat ditawar-tawar dan tak bisa disembunyikan. Apabila tiba saatnya, wajah membahasakannya kepada dunia, “Ini lho, pemilik raga ini tak muda lagi.”

Namun bukan berarti wajah tua tak bisa dikibuli. Pemilik tubuh bugar dan wajah terawat, akan tampak lebih muda dari usia sebenarnya.

Tampil cantik dengan wajah glowing adalah dambaan setiap wanita. Meskipun dia telah jadi nenek-nenek, dan punya segudang cucu.

Terutama wanita karier yang sering tampil di muka umum. Seperti artis, politikus, peserta konprensi, dosen, pengamat, dan sebagainya. Bagi mereka wajah adalah harta yang paling berharga.

Tak heran para selebritis rela merogoh kocek ratusan juta bahkan mungkin miliaran rupiah untuk merawat wajahnya agar tetap tampak segar, cantik dan awet muda.

Bagaimana dengan kita-kita perempuan kelas akar rumput? Pengen seperti mereka? Jawabnya pasti mau.

Saya juga mau. Walaupun usia telah mendekati kepala tujuh. Apa daya maksud hati memeluk gunung tanahnya keburu longsor. Sedih bukan?

Ups, tunggu! Jangan berkecil hati dulu. Kaum selebritis bisa kenapa kita tidak. Seribu satu jalan ke Roma. Tapi dengan cara kita sendiri, bahkan tanpa modal.

Resep awet muda umumnya tidak jauh-jauh dari menerapkan gaya hidup sehat. Asupan gizi seimbang, tidur cukup, olahraga teratur, jauhi alkohol, katakan “No” pada rokok, hindari stress, dan segudang tips lainnya.

Tetapi belum cukup sebatas itu saja. Untuk mencapai hasil maksimal diperlukan upaya-upaya lain. Setuju? Silakan coba 3  teknik berikut!

1. Berbaring lurus di atas papan miring

Ilustrasi:  3  Teknik Agar Terlihat Awet Muda. (Sumber foto: www.istockphoto.com)

 Seiring bertambahnya usia, peredaran darah ke wajah tidak terlalu lancar seperti masih muda. Akibatnya, kulit muka tidak memperoleh asupan gizi yang memadai. Produksi lemak dan kolagen jadi berkurang. Dampaknya kulit menjadi kering, berkerut bin keriput.

Dengan berbaring di atas papan, posisi kaki lebih tinggi 45 cm daripada kepala, darah akan mengalir lancar ke kepala dan wajah. Dengan demikian, wajah memperoleh asupan makanan sebagaimana mestinya, hingga tampak berseri dan awet muda. 

Seorang bintang film jadul yang tidak disebutkan namanya mengatakan, untuk mengencangkan otot wajahnya, dia tak perlu melakukan operasi plastik. Cukup berbaring lurus di atas papan miring selama 20 menit setiap hari. Latihan ini baik juga untuk penderita tekanan darah tinggi. (Clark Linda, 1982: 16).

Papan dimaksud bisa dibeli, atau dibuat sendiri. Bisa juga diakal-akali. Anda punya papan bekas bangku panjang yang tidak terpakai? Tinggikan bagian kakinya dengan susunan bata atau benda apa saja.

2. Tidur tanpa bantal 

Ilustrasi:  3  Teknik Agar Terlihat Awet Muda (Sumber foto: topmetro.news)

Umumnya dari lahir kita telah terlatih tidur menggunakan bantal. Baik pria maupun wanita. Kebiasaan tersebut berlanjut sampai tua.

Namun, siapa menyangka tidur tanpa bantal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, hingga membuat awet muda.

Sebab, dengan tidur tanpa bantal, tidak menekan muka di atas bantal,  yang menyebabkan kerutan pada wajah.

Logikanya, tidur pakai bantal membuat posisi kepala lebih tinggi daripada kepala. Dengan demikian, darah dan oksigen kurang leluasa mengalir ke kepala. Sehingga wajah kurang mendapatkan zat makanan sebagaimana mestinya.

Jika Anda lelah, cobalah berbaring lurus tanpa bantal. Ganjal bagian kakimu pakai bantal. Sepuluh menit kemudian, bangunlah perlahan-lahan. Rasakan sensasinya. Teknik ini cocok juga untuk kaum pria.  

Dahulu gara-gara salah kosmetik, muka saya bertaburan flek hitam. Setelah menerapkan teknik  dalam buku Linda Clark, ditambah sumber dari mulut ke mulut mulai tahun 2005 saya berinisiatif meninggalkan bantal saat tidur.

Hasilnya,  saya tidak menyadari sejak kapan fleks hitam itu hilang. Alhamdulillah, maaf, bukan maksud memuji diri. Keriput di wajah saya tidak lebih tajam dibandingkan dengan  teman seumuran.  Sampai sekarang saya tetap tidur tanpa bantal.

3, Menampar wajah

Ilustrasi:  3  Teknik Agar Terlihat Awet Muda (Sumber: diambil  dari wolipop.detik.com/Foto: dok. 20 detik)

 Kedengarannya memang ekstrim tetapi sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah.  Teknik ini telah dipraktikkan oleh boy band dan girl band tersohor asal Korea. Tak heran, banyak para penggemarnya tergila-gila pada wajah rupawan mereka.

Teknik tepuk wajah ini diaplikasikan pada tahap menggunakan produk kecantikan. Di antaranya, setelah  membersihkan wajah dan setiap menggunakan skin care. Awali dengan memoles skin care sambil melakukan gerakan melingkar ke atas. Lanjutkan dengan tamparan.

Bukan menampar dengan keras, tetapi di tepuk menggunakan ujung jari. Fungsinya supaya nutrisi dari skin care masuk lebih maksimal ke dalam lapisan kulit. Selain untuk perputaran oksigen dan aliran darah yang lebih baik.

Rutin melakukan teknik tepuk wajah ini membuat kulit bersinar dan berseri-seri sehingga selalu tampak awet muda sepanjang masa.

Demikian 3 teknik tanpa modal untuk menunda ketuaan, agar  terlihat awet muda. Supaya upaya ini berdaya guna, tetaplah berpikir positif, awali harimu dengan minum air putih setiap pagi selagi perut masih kosong. Lanjutkan pada setengah jam sebelun dan sesudah makan. Tidak harus nunggu haus. 

Baca juga:

*****.
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci Jambi
_______________

Note: Sebagian konten artikel ini telah tayang di kompasiana 24 September 2020, dengan judul berbeda. 

Feferensi:

Clark, Linda, (tanpa judul, penerbit dan tahun asli), Wajah Anda Cantik dengan Cara Urut, E. Hartojo Lengkong, 1982, Bratara Karya Aksara, Jakarta.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170529151429-277-218050/tampar-wajah-sendiri-rahasia-cantik-ala-wanita-korea


36 komentar untuk "3 Teknik Agar Terlihat Awet Muda. Nomor 2 Cocok juga untuk Pria"

  1. Aku biasa tidur memang tak berbantal. Tapi bila sudah sampai umur tua tetap sahaja nampak tua haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ... Setidaknya sudah ada usaha tesobatku Azmer. Selamat malam dari seberang.

      Hapus
  2. Oh ternyata tidur tanpa bantal itu bisa bikin awet muda ya bunda. Baru tahu Bunda.

    Kalo nomor satu, tidur miring sepertinya kurang enak, kalo tanpa bantal bolehlah.

    Nomor tiga hanya bisa untuk cewek apa cowok juga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Kalo nomor satu, tidur miring sepertinya kurang enak... " >>> Cuman 20 menit per hari, Mas Agus. Khasiatnya lebih terasa saat kita lelah atau malas tanpa alasan. Tak perlu di papan miring. Berbaring lurus saja, tinggikan bagian kaki pakai bantal. Beberpa menit kemudian silakan bangun. Badan akan terasa segar kembali.

      Nomor 3 kalau mau juga bagus buat pria. Minimal, bersihkan wajah pakai sabun pembersih wajah. Setelah dibilas, keringkan dengan ditampar2 pakai ujung jari. sampai kering tak perlu pakai handuk. selamat malam, Mas Agus. terima kasih tanggapannya., Terima kasih juga telah singgah.

      Hapus
  3. menarik juga tips-tips ni. boleh dicuba. masalahnya hanya badan sahaja yang nampak muda sebab agak kecil molek seperti anak sekolah menengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba, Sobatku. Kecil molek malah lebih bagus. Dan patut disyukuri. Selamat sore. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
    2. Alhamdulillah. Memang sentiasa mensyukuri setiap rahmat yang Allah bagi

      Hapus
  4. Waah baru tau, bermanfaat Bu Nur..👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih, mas Warkasa. Salam sehat selalu.

      Hapus
  5. Terimakasih Eyang, tipsnya bagus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ananda sayang. Terima kasih juga telah singgah.

      Hapus
  6. Tips bagus ni Cik Nur, menampar wajah ertinya mengurut wajah, begitu ya..nanti dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba, temanku Etuza. Selamat pagi dari seberang.

      Hapus
  7. tipsnya boleh di coba nih agar bisa tampan maksimal, he-he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum diterapi aja Mas Kuanyu udah tampan duluan. He he ... Selamat pagi. Dari Kerinci.

      Hapus
  8. Pagi bunda baru bisa intip, mantap sekali untuk referensi emak2 biar nampak awet muda
    Mtrswn ilmunya salam dari Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Silakan dieksekusi, ananda Nita. Sebelum keriput merapat. Selamat pagi dari pulau Sumatera.

      Hapus
  9. Info yang sangat bermanfaat nih bu ... baru tau kalau tidur tanpa bantal bisa bikin awet muda.. cuma masalahnya emang susah buat nerapinnya karena selama ini saya udha terbiasa tidur pakai bantal :-D

    Saya mau coba tips ketiga aja, sapa tau wajah saya bisa kayak boyband korea juga :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba, Pak Guru. Biar tampak awet muda dan ganteng sampai tua. He he .... Selamat sore. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  10. Balasan
    1. Cucunya super keren, super top. He he ..... Selamat sore, Say. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  11. oh begitu ya caranya agar awet muda...
    👍👍👍👍

    Thank you for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya, Mas Tanza. Selamat pagi dari tanah air. Dan selamat beraktivitas.

      Hapus
  12. saya tidur tanpa bantal pas cuma di bus atau kereta
    dulu ada persewaan bantal sekarang ga ada jadinya ga pakai bantal'
    taou kalau di rumah atau penginapan masih ga bisa b nur hehehe
    belum kebiasa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah terbiasa, malahan tak enak tidur pakai bantal, Mas Ikrom. Bangun tidur punggung pegal. Selamat pagi dan selamat beraktifitas. Terima kasih tanggapannya.

      Hapus
  13. baru saya tahu...tidur tanpa bantal merupakan aktiviti yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dipraktik, Mas. Selamat sore. terima kasih telah mengapresiasi. Doa sehat untuk keluarga di sana.

      Hapus
  14. Tips agar awet muda, ini sangat bermanfaat bund

    Aku yang masih muda gini, masih bujangan. Sering banget dipanggil "pak" haahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha .... 2 kemungkinan alasan Mas Joe dipanggil Pak. Pertama, boleh jadi Mas Joe orangnya berwibawa. Ke 2 mungkin panggilan penghormatan. Boleh jadi, Mas Joe punya kedudukan dalam masyarakat. Maka pantas dihargai. Seperti, Pak Guru, atau apa. Terima kasih telah singgah. Selamat malam.

      Hapus
  15. Saya sering tidur tanpa bantal Bu, dengan alasan kesehatan sih, gara-gara sering sakit tulang belakang, jadinya bukan hanya tidur harus di tempat yang keras, pun juga harus tanpa bantal.

    Ternyata malah bikin awet muda ya, duh jadi harus dilanjutkan nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dari tahun 2005 sampai sekarang tidur tanpa bantal. Ini teori guru les saya. Plus niru gaya tidurnya Titik Puspa. Soal khasiat, kita serahkan saja pada Yang Kuasa. He he .... Salam pagi buat cucu2 di sana ya.

      Hapus
  16. patut dicoba nih tidur tanpa bantal.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sialakan dicoba, ananda Naia. Merawat wajah jangan tunggu kriput datang. Pertama memang agak canggung dan kurang enak saat bangun tidur. Lama-lama jadi terbiasa. Terima kasih telah hadir. Salam bahagia untuk keluarga di sana.

      Hapus
  17. Yg menampar wajah dan tidur tanpa bantal, itu saya pernah baca juga Bu. Dan sempet saya lakuin yg tanpa bantal. Walopun skr balik lagi

    Nah selain utk awet muda, tidur tanpa bantal juga bagus buat perut supaya ga buncit. Ntr aku mau biasain lagi deh

    Kalo yg menampar wajah, itu masuk di salah satu gerakan face yoga yg aku ikutin :D. Walopun aku ga rutin lakuin, tapi lumayan sering kok. Semoga aja hasilnya tetep bisa aku nikmati walo usia makin nambah nanti :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah selain utk awet muda, tidur tanpa bantal juga bagus buat perut supaya ga buncit. Ntr aku mau biasain lagi deh >>>>> Terima kasih ulasan tambahannya ananda Fanny. SSilakan dilanjut dengan kebiasan tidur tanpa bantal dan teknik tampar. Sebab, sebaiknya merawat muka itu sedini mungkin. Jangan tunggu kriput menguasai kulit wajah. Eh ... Maaf terkesan menggurui. He he ...

      Hapus