Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh, Luka Cepat Kering tanpa Dijahit

 Obat-obatan

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (tumbuhan babadotan)

Luka bisa dialami oleh siapa saja dan dimana saja. Di rumah, maupun di jalan. Bila kalian  mengalaminya, jangan panik.  Alam menyediakan sejumlah obat luka herbal, yang tak kalah ampuh dengan obat modern.

Bukan mengecilkan fungsi obat medis. Para leluhur bangsa Indonesia telah membuktikannya,  khususnya beliau-beliau yang tinggal di pedesaan. Apapun jenis penyakitnya, obat herbal adalah pelarian  utama mereka. Termasuk menyembuhkan luka.  

Untuk memperolehnya pun tidak sulit. Semuanya tersedia di sekitar kita. Ada yang sengaja ditanam di pekarangan rumah,  tak sedikit pula yang tumbuh liar di sembarangan tempat. Seperti di semak-semak, dan di pinggir jalan raya. Ketika butuh, tinggal petik.

Penasaran, apa saja obat luka herbal dimaksud?  Dari sekian banyaknya  tumbuhan yang biasa digunakan buat obat luka, berikut diperkenalkan 7 di antaranya yang paling ampuh dan  dekat dengan kehidupan kita  sehari-hari. 

1. Senduduk 

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh  (tumbuhan senduduk)

Senduduk (Melastoma malabathricum) merupakan tumbuhan liar. Masyarakat Minang Kabau membahasakannya sikaduduak, di Kerinci saduduk. Sebagian saudara kita di pulau  Jawa menyebutnya kluruk,  harendong (Sunda), lain daerah  beda pula penamaannya. 

Daun muda senduduk tidak hanya digunakan sebagai sayuran. Tetapi sering juga dimanfaatkan  sebagai  obat-obatan untuk mengatasi bermacam-macam penyakit.  Salah satunya untuk menyembuhkan luka. Makanya tidak berlebihan jika masyarakat pedesaan melabeli senduduk bagian dari “obat sapu jagat.” 

Sejak nenek moyang sampai sekarang saya dan keluarga masih fanatik pada daun senduduk untuk mengobati  luka. Caranya, daunnya dikunyah atau dihaluskan dengan cara ditumbuk. 

Tempel pada bagian tubuh yang luka. Tutup pakai handiplast khusus pembalut luka. Dalam kondisi  darurat, boleh diikat pakai kain perca bersih, biasa juga menggunakan kulit batang keladi. Buktikan hasilnya. Darah segera berhenti. Dalam  hitungan hari,  luka kering tanpa dijahit. 

Terkait teknik pengolahannya, nenek-nenek kampung merekomendasikan lebih baik dikunyah daripada dihalus menggunakan alat. Konon katanya air liur juga termasuk obat luka. 

Hal  tersebut boleh percaya boleh tidak. Mungkin mereka berpikir,  jika dihaluskan menggunkan gilingan, dikhawatirkan ada kuman yang ikut membonceng. Selain itu, teknik kunyah lebih efektif di segi waktu. Maklum yang namanya luka harus ditangani sesegerera mungkin.  

Terakhir diketahui bahwa medis juga mencatat bahwa air ludah mengandung hiastin, yang berkhasiat  mempercepat penyembuhan luka.
 
2. Balakacida 

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (tumbuhan balakacida)
 
Sama seperti senduduk, balakacida merupakan tumbuhan liar, teridentifikasi dengan nama ilmiah Chromolaena odorata. Balakacida dapat dijumpai di seluruh Indonesia. Khususnya di daerah kering, pengunungan, hingga lahan basah seperti rawa-rawa.

Di Kerinci sini, ada 2 jenis balakacida. Yang satu hijau muda, lainnya agak  hijau pekat. Keduanya tumbuh menyebar di semak-semak, di belakang rumah, sampai di pinggir-pinggir jalan raya. Sesuai rasanya, orang desa kami menyebutnya daun pait. Pait artinya pahit. 

Oleh petani, tumbuhan perdu yang satu ini dianggap gulma yang meresahkan. Semakin dibabat, tunasnya kian rimbun. Tetapi di kampuang nan dencinto Inderapura sana  saya belum pernah  menemuinya. Yang tidak terlalu merepotkan, pohonnya lembut hingga mudah dikalahkan.

Balakacida mengandung antibakhteri dan kaya akan senyawa antioksidan yang mempercepat penutupan luka dan mengurangi perdarahan. Caranya, sama seperti senduduk. Daunnya, dikunyah atau dihancurkan, kemudian dibalur pada luka. 

Karena daun balakacida lembut, bisa dilumatkan pakai tangan. Cuci tangan sampai bersih, taruh daun balakacida di telapak tangan kiri, hancurkan sampai keluar airnya. Gunakan  ujung jempol, telunjuk dan jari tengah sebelah kanan.

Berdasarkan berbagai sumber yang pernah saya baca, selain untuk obat luka, balakacida juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain, dikonsumsi sebagai obat dalam. 

Tetapi untuk hal ini saya mengingatkan supaya kalian berhati-hati. Manfaatkan sesuai  petunjuk pakarnya. Untuk menghindari rasanya yang pahit, mengunyahnya cukup pakai gigi depan saja. Airnya jangan ditelan. 

Ceritanya,  dahulu anak saya dan teman-temannya main jualan pecal. Bahannya terbuat dari daun balakacida. Rupanya  pecalnya mereka makan benaran. Habis itu bocah-bocah tersebut mual dan muntah-muntah.

3. Cocor bebek

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (tanaman cococr bebek)
 
Selain untuk tanaman hias, cocor bebek juga tergolong tanaman obat-obatan. Karena mengandung antiinflamasi dan antibekhteri alami, tanaman  ini  sangat cocok buat pengganti antiseptik,  untuk obat luka.  

Haluskan 2-3 lembar daun cocor bebek hingga berbentuk pasta. Tempelkan pada luka. Supaya aman dan tidak cepat rontok, bungkus menggunakan kain kassa, atau handiplast, atau benda apa saja yang lazim digunakaan untuk pembalut luka.  Biarkan beberapa jam. Hasilnya, buktikan sendiri. Insyaallah tanpa dijahit luka cepat kering dan bertaut sendiri.

4. Singkong

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (daun singkong)

Siapa yang tidak kenal singkong. Tanaman umbi-umbian kaya karbohidrat ini dapat ditemui di hampir semua tempat. Umbinya bisa diolah menjadi aneka kudapan lezat. Daunnya dibuat sayuran dalam berbagai varian yang enak disantap bersama nasi. 

Daun singkong juga telah digunakan oleh para leluhur sebagai obat herbal penyembuh luka. Caranya, kunyah atau tumbuk beberapa lembar daunnya sampai halus,  tempelkan pada bagian kulit yang luka (sama seperti penerapan daun senduduk dan daun balakacida). 

5. Babadotan

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (tumbuhan babadotan)

Si hijau berbunga cantik ini tak lebih dari rumput liar pengganggu, yang hidup sesukanya di pekarangan, di kebun sampai ke pematang sawah. Sesuai aromanya yang menyengat, orang kampungku menyebutnya rumput angit. 

Siapa sangka, tumbuhan yang berasal dari Kepulauan Karibia ini punya segudang manfaat untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di antaranya, mengobati alergi, luka pada kulit, diare, hingga rematik.

Khusus untuk obat luka, saya telah membuktikan keampuhannya dari dahulu sampai kini. Aplikasinya, sama seperti menggunakan cocor bebek. Insyaallah luka akan mengering tanpa dijahit. 

6. Betadin

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (tumbuhan betadin)

Apabila disebut kata  betadin, yang terbayang di benak kita adalah obat luka yang popoler dengan nama obat merah. Ya, betul. Betadin sama dengan obat merah, biasa digunakan sebagai obat luka. Tetapi kali ini saya mengenalkan betadin dalam bentuk lain. Yuk kita langsung ke pohonnya.

Seperti obat herbal lainnya, betadin banyak ditanam dipekarangan rumah, di kebun, ada juga yang tumbuh liar di semak-semak.

Getah betadin sejak lama dikenal sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan luka. Petik selembar daun betadin bersama tangkainya. Oleskan getahnya  pada luka. Insyaallah darah segera berhenti. Dalam hitungan menit, luka sudah mulai bertaut tanpa dijahit. Saya sering membuktikannya. Dari pengalan, saya berani memastikan, getah betadin lebih mujarab daripada obat merah produk farmasi.

7. Talas

Ilustrasi 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh (talas)
 
Nah ini dia, satu lagi tanaman umbi-umbian tradisional serba guna. Umbinya bisa diolah menjadi kuliner sedap. Bahkan suku-suku tertentu di negeri ini menjadikan umbi talas sebagai makanan pokok. Pelepah (batang daunnya) dijadikan sayuran untuk campuran ayam atau daging, atau kerang. 

Di kampung saya talas disebut keladi.  Meskipun keduanya memiliki  perbedaan. Bentuk dan jenisnya pun beraneka ragam. Masing-masing punya nama sesuai dengan bahasa daerahnya. 

Tetapi dalam kontek pertalasan kali ini bukan itu bahasannya. Melainkan khasiat talas sebagai obat herbal untuk menyembuhkan luka. 

Caranya, potong setangkai daun talas jenis apa saja, pencet ujung bekas potongnya, poleskan getahnya pada bagian kulit yang cedera, seperti menggunakan getah betadin. Untuk membantu mempercepat proses penautan, bungkus titik luka menggunakan kulit batang talas. 

Penutup

Obat luka herbal yang ditawarkan ini insyallah sebagian besar  telah terbukti kemanjurannya untuk kategori luka kecil sampai sedang. Minimal untuk pertolongan pertama. Apabila sobeknya dalam dan mengkhawatirkan, segeralah ke dokter untuk mendapat pertolongan medis. 

Demikain 7  obat luka herbal paling ampuh, luka cepat kering tanpa dijahit. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 Baca juga:

*****
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi
_______________

Referensi: 

Supardi, S. (12 Mei 2022).  Senduduk, Tumbuhan Bermahkota yang Bermanfaat Sebagai Obat. Mongabay.  https://www.mongabay.co.id/2022/05/12/senduduk-tumbuhan-bermahkota-yang-bermanfaat-sebagai-obat/

Anonim. (tanpa tanggal) -7 Manfaat Daun Balakacida dan Efek Sampingnya Hellosehat.com. https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/daun-balakacida/

Nurjatnika, N. (6 Januari 2022). Daun Singkong Ternyata Dapat Mengeringkan, Menyembuhkan, dan Meminimalisir Bekas Luka. https://bogor.urbanjabar.com/gaya-hidup/pr-2682323062/daun-singkong-ternyata-dapat-mengeringkan-menyembuhkan-dan-meminimalisir-bekas-luka

Supardi, S.  (12 Mei 2022). 9 Manfaat Daun Babadotan, Bukan Sekedar Gulma https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/manfaat-daun-babadotan/ 

Daun Singkong Ternyata Dapat Mengeringkan, Menyembuhkan, dan Meminimalisir Bekas Luka  Nurjatnika Odja - Kamis, 6 Januari 2022 | 10:00 WIB  

17 komentar untuk " 7 Obat Luka Herbal Paling Ampuh, Luka Cepat Kering tanpa Dijahit"

  1. Dari semua tumbuhan dibatas hanya daun talas.daun singkong dan cocor bebek..yg lain saya belum pernah tau bund...tapi obat"an tradisanal memang ampuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun yang tercatatdi sini banyak ysng tidak kenal, herbal lainya juga banyak di sekitar kita ananda. Di antaranya, getah jarak, binahong dan sebagainya. Terima kasih telah singgah. Selamat malam.

      Hapus
  2. wah mantap juga ya mak.di tempat saya yg gampang bgt cocor bebek, talas/keladi sama daun singkong.makasih bgt infonya ya mak...met puasaaa juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, ananda. Ya. Indonesia ayadengan tumbuhan obat2an ya, ananda. Orang dahulu, sedalam apapun lukanya cumandiobati dengan tumbuh2an. Tenaga medis langka. Walau ada, jauh dan bayarnya mahal. Tidak terjangkau oleh kantong orang biasa seperti kita2.

      Hapus
  3. dekat rumah grandma saya, ada banyak herba macam ni. this post is so beneficial and good! terima kasih atas perkongsiannya. <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus tuh, ananda zaty. Kapan butuh tinggal petik. Terima kasih telah singgah. Selamat malam.

      Hapus
  4. Baru tau tumbuhan yg namanya betadin. Selama ini aku sering liat bundaaa, tapi ga tau namanya. Sama2 obat luka pula yaaa kayak Betadine yg cair 😂😄.

    Kalo di sekitar rumahku msh banyak tumbuhan begini, akupun pasti milih herbal. Tapi sayangnya ga ada samasekali Bun. Jadi mau ga mau pake obat kimia. Padahal memang herbal begini sama ampuhnya dan malah lebih aman yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kota obat modern banyak dan mudah diperoleh ya, ananda. Tetapi sebaiknya banyak sedikitnya kita juga kenal dengan obat herbal. Mana tahu suatu saat keadaan darurat. Terjadi hal yang tidak diinginkan didaerah yang jauh dari kota.

      Hapus
  5. Balakacida dan senduduk belum tahu aku. Makasihsharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini kedua tumbuhan itu bejibun. Mbak Tira. Terima kasih telah singgah. Salam sehat selalu ya.

      Hapus
  6. Di sini keduz tumbuhan itu bejibun. Mbak Tira. Terima kasih telah singgah. Salam sehat selalu.

    BalasHapus
  7. baru tau ada tanaman namanya betadin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampak positifnya salin berbagi, ya ananda. Dari tidak tahu menjadi tahu.

      Hapus
  8. Yang tahu namanya hanya singkong, talas, cocor bebek. Kalau yang lainnya mungkin pernah lihat, tapi ga tahu nama tanamannya.

    Dulu pernah pakai herbal buat nutup luka karena jatuh main bola. Biasanya emang dikunyah terlebih dahulu, kemudian diletakkan di atas kuka tersebut.

    Info yang sangat menarik!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya, Mas Rivai. Kalau kami orang jika lukanya tidak super parah, cukup diobati pakai herbal saja.

      Hapus
  9. banyak juga ya tumbuhan alami yang boleh kita guna sebagai pengobatan alternatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kita wajib merawatnya agar tidak dirusak oleh tangan2 jahil. Terima kasih telah mengapresiasi, mrhanafi.

      Hapus