Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terbongkar, Efek Samping Minum Kopi di Malam Hari

Ilustrasi Efek Samping Minum Kopi  di  Malam Hari
 
Minum kopi pada malam hari sering dilakukan  sebagian orang untuk tujuan-tujuan  tertentu.  Salah satunya  buat menghilangkan kantuk. 

Rabu malam, pukul 19,15 suami minta dibuatkan kopi. Katanya biar tidak ngantuk saat tarawih. Saya ikut-ikutan ngopi.  

Begadang  24 jam lebih.

Subhanallah. Semalaman saya tak bisa tidur. Padahal minumnya hanya setengah gelas kecil. Sebelumnya minuman kaya kafien itu tak ngefek apa-apa terhadap tubuh saya. Ngopi tak ngopi, jam tidur dan bangun biasa-biasa saja.  Saya bukan pecandu kopi, cuman kebetulan-kebetulan saja. 

Usut-punya usut, ternyata  saya korban overdosis.  Biasanya untuk segelas kecil,  kopinya hanya 1 sendok teh. Karena mengikuti  racikan suami dan ingin menikmati kopi kental, saya naikkan jadi  2 sendok, airnya cuman setengah gelas.  

Besoknya habis subuh dan jalan pagi, saya langsung ke tempat tidur. Meskipun tubuh belum membunyikan alaram kantuk. 

Mana mau mata ini terpejam.  Hati dan pikiran digoda piring kotor yang belum dicuci, rumah dan halaman yang belum disapu  dan  segepok PR lainnya minta diselesaikan.  Waktu terbuang  percuma hampir satu jam.  Akhirnya saya pamit  dari kasur dan bantal. 

Usai beres-berses, pukul  11.00 rebahan lagi. Kali ini ditemani  HP, bersenda gurau bersama teman maya.  Dengan harapan biar mata ini capek, terus ngantuk. Boro-boro terlelap, menguap pun mulut ini tiada. Kondisi ini saya alami 24 jam lebih.

Enaknya, walaupun sehari semalalam  begadang,  bawaan saya  tetap seperti  biasa. Tidak lelah, tidak pusing, dan tetap rajin beraktivitas,  padahal  sedang berpuasa. 

Tak ada masalah dengan ngopi

Sebenarnya tak ada yang salah dengan ngopi.  Sebab, ngopi  banyak manfaatnya  bagi kesehatan tubuh.  Di antaranya, mengurangi risiko alzheimer dan parkinson, mengurangi risiko kanker, meningkatkan memori daya ingat jangka pendek, menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2,  dan sebagainya, (siloamhospital.com). 

Yang salah mungkin cara mengosumsinya  kurang tepat. Baik di segi  jumlah yang tidak terkendali, maupun ketepatanwaktunya.   Seperti  yang saya lakukan.  Sudah jumlahnya yang melebihi batas kemampuan  tubuh saya, waktunya pun tidak direkomendasikan buat orang yang tak ingin tidurnya  babak belur.

Kecuali bagi orang-orang yang jiwaraganya telah menyatu dengan kopi.  Kapanpun dan berapa gelas pun dia minum, tidak berdampak pada tubuh dan pola tidurnya. Tanpa ngopi malah kepalanya pusing, matanya tak bisa melek. 

Almarhumah Emak,  satu jam saja jadwal ngopinya terlewati, kepalanya mulai nyut-nyutan.  Baru tercium aroma kopi saja matanya mulai terang.  Tak ada gula kopi  pahit pun jadi. 

Waktu kurang tepat minum kopi

Seorang pakar masalah tidur, dr Andrew Rochford menyebutkan, terdapat batasan jam untuk konsumsi kopi jika ingin menikmati tidur nyenyak di malam hari. Sebaiknya jauh sebelum matahari tenggelam. Sekitar jam satu atau dua siang. Walaupun  jam tersebut masih sangat pagi bagi banyak orang, bisa disesuaikan, tergantung masing-masing orang. Yang pasti, jangan minum kopi setelah makan siang, (merdeka.com). 

Berangkat dari kutipan di atas, tak heran saya tak bisa tidur setelah ngopi habis makan malam pukul 19.15, dalam jumlah (kekentalannya)  diluar kebiasaan pula.  

Pertanyaannnya, “Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?” Untuk jelasnya, silakan googling ke tol langit. Saya bukan pakarnya. Takutnya salah cakap.  He he ....

Demikian sedikit pengalaman saya tentang efek samping ngopi  di  malam hari. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: 

***** 

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi



20 komentar untuk " Terbongkar, Efek Samping Minum Kopi di Malam Hari"

  1. Dulu saya pun peminum kopi bund tapi ya biasa aja ga kentel'amat,tidurpun biasa aja..lama kelamaan makin ke sini kq jadi susah tidur,padahal tetap aja sama ga berubah takarannya,akhirnya mulai berhenti ,sesekali aja kalo kepingin ,dulu si tiap hari ..makasi bund ulasannya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur bisa terlepas dari jeratan kecanfuan kopi. Biasanya susah untuk berhenti. Terima kasih telah mengapresiasi, ananda.

      Hapus
  2. Saya paling takut minum kopi di waktu malam. Sampai pagi tak boleh tidur.
    Selamat berpuasa Ibu Nur sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Amie. Enak minumnya cuman sekejap. Efek sampingnya lama.

      Hapus
  3. Waah kalau urusan ngopi, saya sudah sejak dari dulu sudah pecandu NARKOPI...hehe..
    Jadi mulai pagi sampai mau tidur selalu tersedia kopi. Tapi gak ada efek apa², kalau sudah waktunya ngantuk juga tetap ngantuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya, Mas Budi. Biasanya kalau udah kecanduan, kalau tak minum kopi pada waktunya, bisa puyeng. Terima kasih telah mengapresiasi. Selamat malam.

      Hapus
  4. Sama Bu, aku kadang kalo ngopi itu biasa saja, ngga bikin melek ataupun tidak bisa tidur, ngopi jam 8 malam, jam 10 udah bisa tidur.

    Tapi pernah juga minum kopi, semalaman tidak tidur, padahal takarannya biasa saja.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artinya tubuh Mas Agus sidah familiar sama kopi. Terima kasih telah singgah. Selamat menjalankan ibadah puasa.

      Hapus
  5. Saya paling mania dengan kopi
    justru saya sebelum tidur, minum kopi
    jika tak minum kopi, terasa ada yang kurang lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh sang pemilik tubuh yang hebat. Bisa berdamai dengan kopi. Ini mungkin karena ngopi yang sudah menjadi rutinitas sejak dahulu kala ya, ananda. He he ...

      Hapus
  6. Ihhhh sama bundaaa , aku kalo nekad minum kopi pas malam, siap2 ajalah ga bisa tidur 🤣. Waktu itu pernah, semalaman jadi melek. Mana paginya kerja. Udah kayak zombie di kantor

    Sejak itu kapok sih. Aku prefer minum pas pagi aja, jgn malam2 lagi 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda gak mau lagi minum kopi, anandaaaaa. Kapok. Memang dasarnya tak suka ngopi. Paling ngebeng kalau si kakek ganteng lagi minum kopi.

      Hapus
  7. Beberapa orang emang kesulitan tidur setelah ngopi, bberapa lagi tdur tidak terpengaruh. Kalau aku tipe yamg sulit tidur. Kalau malam ngopi yaa siap-siap untuk sulit tidur.
    Kopi memang banyak manfaatnya, tapi sebaiknya konsumsi kopi yang punya kualitas bagus. Jangan terlalu sering minum kopi sachet. Lebih baik beli kopi premium. Rasanya lebih berasa. jenis dan asal kopi lebih jelas. Kalau kopi sachet jenis lebih banyak menggunakan perasa dan pemanis. Ga bagus untuk tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mas. Dokter juga bilang kalau kopi saset itu tidak bagus untuk kesehatan.

      Hapus
  8. wah biasanya malah abis makan siang, pengen minum kopi banget. ternyata gaboleh ya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum aja, Mbak/Mas. Kalau sudah jadi kebiasaan dan tubuh tidak bereaksi negatif, minum saja sesukanya, tak masalah.

      Hapus
  9. Saya kalo minum kopi hitam tanpa gula malah cepat ngantuk, tapi bangunnya jadi segar. Beda kalo pake gula, bisa melek karena energi dari gula. Hehehe. Sekarang ini lagi mengurangi minum kopi sih, mudah²an berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rupanya setiap tubuh punya reaksi berbeda terhadap kopi ya, ananda Naia. Terima kasih telah singgah. Selamat sore, selamat menjalankan ibadah puasa

      Hapus
  10. sebaik-baiknya minum kopi pada waktu pagi...malam cuba elakkan kerana kesan kafien boleh menghilangkan rasa mengantuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, sampai saat ini saya masih trauma terhadap kopi. Paling beraninya numpang nyeruput kopi si doi seteguk dua teguk. He he .... Terima kasih telah mengapresiasi, sobat Hanafi

      Hapus