Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Ratu Sigindo Kuning, Pesona Bali Tersembunyi di Seleman Kerinci

 Wisata

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Assamualaikum, masyarakat penggila wisata dari Sabang Sampai Merauke, khususnya warga Kerinci dan sekitarnya. Kali ini celotehnur54 mengajak anda menjelajahi pesona Bali yang  tersembunyi di Pantai Ratu Sigindo Kuning Seleman, Danau Kerinci. 

Saat ini, destinati wisata paling ngetop dalam Provinsi Jambi adalah Pantai Ratu Sigindo Kuning, yang terletak  di Desa Koto Tengah Seleman, Kabupaten Kerinci. 

Beda dengan alam pantai pinggir laut, Pantai Ratu Sigindo Kuning  menghampar di bibir Danau Kerinci,   diselimuti rumput nan hijau  di bawah pepohon berdaun rindang. 

Walaupun keberadaannya di pedesaan, Pantai Ratu Sigindo Kuning ini punya daya tarik tersendiri  yang tak kalah memikat  dengan pesona Bali.  Tak heran pengunjungnya ramai setiap hari dari pagi sampai sore. 

Untuk sampai ke lokasi, anda bisa menggunakann mobil  atau motor,  mengikuti  jalur Sungai Penuh-Bangko sejauh kurang lebih 15 kilometer. Sampai di Desa  Koto Tengah Seleman,  berhenti di depan Toko Grosir Satria. Dari sana masuk  gang ke arah Danau  kira-kira 500 meter, melewati area persawahan penduduk. 

Berhubung  jalanan  gangnya  agak sempit,  hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.  Sementara mobil  diparkir di pinggir jalan raya,  pemiliknya bisa naik ojek yang standby dari pagi hingga sore.

Apa saja  keelokan yang ditawarkan Pantai Ratu Sigindo Kuning? Yuk, ikuti celotehnur ke lokasi. 

Pesona Bali yang tersembunyi

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Begitu sampai di Pantai Ratu Sigindo Kuning anda langsung disuguhi dengan aksi nyentrik yang mencengangkan.  Di sana sini tampak wisatawan sibuk menjeprat jepret kamera HP-nya seraya mundar mandir memilih tempat istirahat yang nyaman.  Banyak juga mereka yang duduk santai  di kursi, bangku kayu, dan di rerumputan sambil memandang  laut lepas.  

Mirip  dengan kesibukan di Pantai Bali, yang belum tentu ada di daerah lain dalam  Provinsi Jambi.  Maka tidak berlebihan jika dikatakan  keindahan Pantai Ratu Sigindo Kuning   adalah Pesona Bali yang tersembunyi di Seleman Danau Kerinci.

Ajang kumpul keluarga 

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Pantai Ratu Sigindo Kuning  merupakan pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga.  Di sana anda bisa duduk lesehan  beralas tikar  tanpa khawatir dikotori debu. Saatnya anda  melepas lelah, sambil  bermesraan dan bersenda gurau bersama anak-anak dan orang tercinta. 

Selain itu, desiran angin Danau Kerinci yang sepoi-sepoi, dapat mengembalikan mood setelah jiwaraga  anda disesaki berbagai  problem dan beban kerja.  

Panorama alam yang eksotis

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Panorama alam yang eksotis merupan  azimat sakti yang tersimpan di Pantai   Ratu Sigindo Kuning untuk memanjakan pengunjungnya.   Dari sana anda akan dapat menikmati hamparan Danau Kerinci yang  menakjubkan dengan airnya yang bening bak mata kucing.

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Dari pantai nan indah itu sayup tampak perkampungan penduduk yang melingkari Danau Kerinci berlatar pegunungan  kehijau-hijauan.  Awan putih terukir  manis menghiasi cakrawala menambah cantiknya panorama pantai Ratu Sigindo Kuning.

Pada jam-jam tertentu  anda dapat pula menyaksikan perahu  nelayan terombang ambing ditimang gelombang,  membuat siapapun yang  menyaksikannya enggan beranjak. 

Waktu kunjungan yang tepat

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Pantai Ratu Sigindo Kuning  dibuka  setiap hari  mulai jam 8.00  pagi sampai sore pukul 18.00, WIB.  Tetapi, bagi  anda yang ingin suasana  agak tenang, hindari  Sabtu dan Minggu Sebab, saat weekend pengunjungnya membludak mencapai ribuan orang.

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Jika anda ingin menyaksikan indahnya  detik-detik  matahari terbenam, waktu yang bagus  adalah pada sore hari.  Terutama  dikala cuaca sedang cerah.

Spot foto yang menawan

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci (sumber Foto: Ida)

Pantai Ratu Sigindo Kuning menawarkan sejumlah  spot foto yang menawan. Bukan buatan manusia tapi lukisan tangan Sang Maha Pencipta. Tinggal pilih. Mau background gunung,  danau, pepohonan, awan yang menggumpal di langit biru. Semuanya gratis.

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

 Di sana anda bebas berswafoto, bersama keluarga dan orang-orang tercinta, bahkan bersama kekasih. Tetapi ingat. Bebas dalam arti bukan tak terbatas. Maksudnya, tidak melanggar aturan agama dan norma-norma yang berlaku di tengah masyarakat  Seleman dan Kerinci umumnya. 

Pernak-pernik sewaan 

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci (sumber Foto: Ida)

Objek wisata Pantai Ratu Sigindo Kuning Seleman menyediakan  berbagai pernak pernik liburan sewaan dengan harga terjangkau.  Ada kursi pantai minimalis, tikar, dan   sofa angin beraneka warna. Buat yang punya hobi selfie, dan untuk mencapai hasil yang bagus,  anda  dapat  menyewa tongsis tripod HP. 

Tidak hanya itu. Jika ingin menikmati  indahnya suasana  alam di tengah danau, anda dapat berselancar dengan menyewa perahu karet dan perahu angsa. Tak perlu  khawatir akan kesalamatan diri anda. Sebab, saat berlayar semua penumpang dilengkapi  dengan rompi apung. 

Kuliner dan camilan

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci

Di area Pantai Ratu Sigindo Kuning, berjejeran lapak-lapak penjual jajanan. Mulai camilan ringan,  makanan siap saji, sampai ke kuliner tradisional. Seperti jagung rebus, kelapa muda dan lain sebagainya.  

Nasgor, soto, teh dan kopi hangat juga tersedia. Harganya pun tidak mahal-mahal amat. Masih berkisar pada angka di pasaran.

Enaknya, makanan/minuman yang anda beli boleh diantar atau dibawa sendiri  ke tempat di mana anda duduk, ala cafe outdoor. Pokoknya anda bisa mencicipi bagaimana rasanya bergaya elit miskipun hanya sekejap.

Pemandian  gratis

Ilustrasi Pantai Ratu Sigindio Kuning, Seleman Danau Kerinci.

Di sekitar bibir Pantai Ratu Sigindo Kuning airnya relatif dangkal. Kondisi  tersebut  adalah syorga bagi anak-anak untuk mandi berenang sambil berkejar-kejaran bersama teman sebaya. Tanpa bayaran, buah hati anda akan mendapat pengalaman indah yang tak terlupakan seumur hidupnya.

Selagi tetap di bawah pengawasan ayah bundanya, orang tua tidak perlu was-was akan keselamatan anak-anak mereka. 

Harga tiket dan petugas parkir

Wisatawan yang datang  ke Pantai Ratu Sigindo Kuning  tidak dikenakan biaya, alias gratis. Cukup membayar parkir Rp 5 ribu untuk satu motor. Namun jika penumpangnya 2 orang dikenakan tarif Rp 10 ribu. Nilai ini sebanding dengan sambutan petugasnya yang ramah dan bersahabat. 

Oleh sebab celotehnur merekomendasikan agar anda mencatat Pantai Ratu Sigindo Kuning  ke dalam list perjalan anda bersama keluarga dan orang-orang tersayang. 

Saran dan penutup

Anda telah mengetahui  segudang keistimewaan objek wisata Pantai Ratu Sigindo Kuning. Tapi harus pula diakui,  terdapat berbagai hal yang perlu dibenahi.  Karena tak ada gading yang tak retak, tiada sesuatu yang sempurna. Kecuali Allah Yang Maha Pencipta. Di antaranya: 

Pengelolaan kebersihan belum maksimum. Masih terlihat sampah berserakan terutama di dalam sungai yang berada di tengah area. Kondisi  ini sangat mengganggu  kenyamanan pengunjung. 

Bangunan  kurang tertata. Warung-warung yang seakan-akan berdiri semaunya, sedapat mungkin bisa   ditertibkan supaya ada nilai estetiknya dan enak dipandang mata. 

Sarana pendukung lainnya. Sarana pendukung yang  lumayan mendesak antara lain, jumlah tong sampah belum memadai, toilet, musala dan tempat wuduk merupakan hal lain yang tak bisa diabaikan.

Dan sarana pendukung lain   yang tak kalah penting untuk dicari solusinya adalah infrastrur jalan supaya kendaraan roda 4 bisa langsung ke lokasi.  

Demikian  Pesona Bali yang tersimpan di objek wisata Pantai Ratu Sigindo Kuning Seleman Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:  

*****
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi

32 komentar untuk "Pantai Ratu Sigindo Kuning, Pesona Bali Tersembunyi di Seleman Kerinci"

  1. Ohhh ini ingetin saya dengan danau Toba bunda, di sebagian danaunya, di pinggiran juga mirip pantai, Krn ada pasir nya juga.

    Tapi saya yg orang Batak pun blm pernah ke bagian pantai danau Toba🤣. Apalagi lah yg pantai ratu sigindo ini 😅.

    Cuma yg di kerinci ini memang lebih mirip Bali sih 😁. Pengen juga ngeliat pantai di pinggiran danau gini. Pasti kesannya lebih sejuk juga, Krn kawasan danau biasanya sejuk. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danau Toba lebih luas daripada Danau Kerinci, ananda. Dikelola oleh tangan2 profesional.

      Yuk ke sini, ananda. Ditungguu dengan segala hormat.

      Hapus
  2. Very interesting place.
    Have a good week.
    Kisses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. There are lots of places to travel here, friend. Come, Mother, wait with joy for the day

      Hapus
  3. baca judulnya aku kira pantai seperti daerah pesisir dengan lautnya. Ternyata tepian dari sebuah danau. Aku belum pernah datang ke sebuah danau dengan tepi seperti pantai kayak gini.

    Aku lihat pantainya cocok buat bersantai. Tinggal cari tempat yang teduh, gelar tikar atau matras, keluarkan perlengkapan masak dan mari memasak sambil mengobrol tentang banyak hal. Liburan yang santai dan menyenangkan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah kekayaan alam kita ya, Mas Rivai. Sayang pengelolaannya belum maksimum. Terima kasih telah mengapresiasi. Selamat malam.

      Hapus
  4. akses jalannya masih gimana gitu ya
    semoga nanti ada solusi, mobil bisa lebih dekat, sehingga pengujunjug akan lebih merasa nyaman
    pantainya masih alami
    asek buat wisata plus kulineran pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ananda. Sayangnya, jalan gang itu lewat di tengah sawah penduduk. Pasti tidak ada yang mau tanahnya diambil untuk pelebaran jalan.

      Hapus
  5. aww..... wonderful.....
    thank you for sharing beautiful pictures and details.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he .... Foto hasil jepretan kamera hp murahan, Mas Tanza. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  6. sekali pandang pantai ni hampir sama dengan pantai di melaka.... hujung minggu pastinya ramai pengunjung kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ingin ke pantai Malaka, Anis. 2017 pernah ke sana tapi bukan ke pantainya. Hanya sebatas menara yang tinggi itu dan naik kapal Kecil menyuri sungai Malaka.

      Hapus
  7. Baru ada denger pantai di bibir danau bund...pasti seru ngumpul bareng kluarga...pemandangan juga indah, tapi kalau di tata dan di kelola mungkin akan lebih menarik lagi ya,secara bayar juga nggak mahal, ada warung", sayangnya pantai"kita kebanyakan gak di rawat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, ananda. Pantai ini baru dikelola oleh bumdes setempat. Tapi keburu booming. Jadi masih alami. Betul tuh. Pantai kita banyak yang tidak tertangani dengan baik sampai menjadi tempat wisata ysng menarik.

      Hapus
  8. Saya belum pernah ke jambi,
    Mumgkin kalau ada kesempatan bs main kesana akan mampir ke pantainya. Mksh sharingnya bu

    BalasHapus
  9. Ditunggu Mas Rezky. Selamat sore terima kasih telah singgah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu kalau ada kesempatan pasti saya bakalan ke pantai ini hehe

      Hapus
    2. Kerinci menunggumu, Mas Rezky. He he...

      Hapus
  10. Saya belum pernah ke pantai di tepian danau, sepertinya seru sekali tidak kalah dengan pantai di Bali. Sampah selalu jadi masalah klasik obyek wisata yang ramai pengunjung ya. Selain kurangnya fasilitas, juga kurangnya kesadaran pengunjung untuk membawa pulang sampah yang mereka bawa sampai menemukan tempat pembuangan sampah yang benar. Semoga ke depannya wisata di Indonesia akan semain baik ya Bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Selain kurangnya fasilitas, juga kurangnya kesadaran pengunjung untuk membawa pulang sampah yang mereka bawa sampai menemukan tempat pembuangan sampah yang benar." >>>> ini yang belum membudaya pada masyarakat kita. Terima kasih apresiasinya apresiasinya. selamat malam, Mbak Upheit

      Hapus
    2. "Selain kurangnya fasilitas, juga kurangnya kesadaran pengunjung untuk membawa pulang sampah yang mereka bawa sampai menemukan tempat pembuangan sampah yang benar." >>>> ini yang belum membudaya pada masyarakat kita. Terima kasih apresiasinya apresiasinya. selamat malam, Mbak Upheit

      Hapus
  11. Es un lindo lugar. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah mengapresiasi, tamanku JP Alexander

      Hapus
  12. Indah banget pemandangannya Bunda. Apalagi banyak rerumputan di bibir pantainya, jadi seger banget ngeliatnya.
    Mudah-mudahan pihak terkait bisa mengelola dengan lebih baik terkait sarana prasarana Pantai Ratu Sigindo ini agar para pengunjung bisa lebih nyaman sembari menikmati keindahan alamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu harapan kita semua, ananda Regen. Pantai ini dikelola oleh bumdes. Pemasukannya banyak, duit desa juga banyak. He he ....

      Hapus
  13. cantik sekali bali .. terigin nak ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali selalu menunggumu, mamapp. Terima kasih telah singgah.

      Hapus
  14. Bersantai ria bersama keluarga atau sahabat tentunya asyik ya di situ. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan ke sana, Mas. Pantai Ratu menunggumu.

      Hapus