Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi

 Motivasi

Ilustrasi Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi  (Foto Anakku) 

Kata-kata bijak menggugah dan memotovasi  ini disajikan untuk membangkitkan semangat kita semua dalam meraih kebermaknaan hidup.

Jatuh bangun dalam kehidupan merupakan sunatullah. Namun saat terpuruk kita tak boleh menganggapnya sebagai kutukan, sehingga kita tenggelam dalam ketidakberdayaan dan kehilangan makna hidup.  Di sisi lain, maknya hidup adalah sumber kekuatan untuk menuju sebuah kesuksesan. 

Mengeluh dan berpangku tangan, tidak akan pernah menyelasaikan masalah. Malahan menambah kebuntuan, hingga hidup tak terasa indah lagi.

Kadang-kadang kita kurang menyadari, bahwa sikap yang kita jalani selama ini sudah benar atau belum.

Untuk menggugah kesadaran tersebut  kita perlu motivasi dan masukan dari pihak lain, agar kita tergerak untuk mengoreksi diri. Dengan demikian, kita dapat mengetahui apa sebenarnya yang telah terjadi. Dan bagaimana pula kita bersikap agar kondisi bisa menjadi lebih baik.

Motivasi dan masukan dari pihak lain dimaksud, bisa berupa arahan dan nasehat langsung dari orang lebih tua dan pribadi yang bisa menjadi panutan, karena  mereka telah banyak merasakan asam garamnya kehidupan.

Tak tertutup juga kemungkinan motivasi dan masukan itu bersumber dari  berbagai  bacaan yang bisa membangkitkan semangat. Salah satunya dengan membaca kata-kata bijak.

Untuk membantu kita semua, berikut disajikan sekumpulan kata-kata bijak  menggugah tentang makna hidup dan motivasi.

Kumpulan Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi

Ilustrasi Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi  (Foto Anakku)

1. "Makna hidup hanya dapat diisi selama individu menyadari bahwa sesuatu belum menjadi satu kenyataan, kecuali diperjuangkan."

2. "Betapapun,  hidup ini harus kita jalani dan menapakinya dengan memberi arti. Apapun peran kita, nikmatilah."

3. "Manusia hadir di muka bumi bukan hanya sekadar ada, tetapi dia harus mengada, harus berubah."

4. "Kita terlahir bukan hanya menambah jumlah penduduk, tetapi ada tujuan dan ada harapan yang akan kita raih."

5. "Manusia akan menjadi manusia karena kemampuannya untuk  mengubah diri dan memberi  makna pada kehidupannya."

6. "Manusia yang hanya bertujuan untuk menikmati hari ini tidak lain hanyalah sosok binatang cerdas yang memiliki intelegensia,  tetapi tidak memiliki roh yang mengarahkannya kepada kecerdasan  yang lebih hakiki, yaitu kecerdasan  transendental, kemampuan untuk mengatasi dirinya  dari perangkap kekinian."

7. "Nilai-nilai yang diyakini tidak bisa diserahkan begitu saja kepada takdir tetapi harus diusahakan dan dinyatakan, betapapun risiko yang dihadapi."

8. "Makna hidup adalah seluruh keyakinan serta cita-cita yang paling mulia yang Anda miliki. Dia adalah sesuatu yang dinamis, karena itu, harus ditingkatkan  secara konsisten."

9. "Memberi makna hidup adalah sebuah proses pembentukan kualitas hidup sedangkan tujuan hidup merupakan arah, rujukan, dasar pijakan, sekaligus hasil yang ingin diraih."

10. "Seseorang merasakan kebahagiaan  apabila dengan sengaja menetapkan tujuan dan mencapainya dengan penuh perjuangan."

Kumpulan Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi

Ilustrasi Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi  (Foto Anakku)

11. "Rasa hampa, hidup tanpa makna, serta jiwa yang didera rasa cemas merupakan beberapa situasi batin yang dialami masyarakat dodern."

12. "Manusia adalah makhluk yang mampu merencanakan dirinya di masa depan ... Ia bukan sekadar menonton atau menyaksikan apa yang sedang terjadi, tetapi mampu memilih pengalaman apa yang harus  dia putuskan."

13. "Tiada harta yang paling berharga, kecuali hidup memiliki motivasi berprestasi, dipenuhi semngat, daya juang, serta optimisme yang luar biasa."

14. "Kebiasaan yang baik melahirkan motivasi  yang baik. Kebiasaan buruk  akan menjadi  batu penghalang pada saat dirimu ingin meraih sesuatu."

15. "Seseorang yang tidak memiliki gairah atau dorongan untuk maju tidak mungkin sukses mencapai puncak kariernya."

16. "Dorongan untuk berprestasi membentuk rasa tanggung jawab dan kerja keras yang kemudian membuahkan profesional."

17. "Seseorang yang memiliki motivasi prestatif, tidak akan bekerja hanya sekadar memenuhi tugas, tetapi dia menunjukkan kualitasnya."

18. "Hidup ini adalah kumpulan dari cara kita menyesuaikan diri dengan alam dan manusia. Di sana kita memperoleh banyak pengalaman karena kemampuan untuk hidup  selaras, seimbang, dan serasi dengan lingkungan di mana kita berada."

19. "Memiliki otak dan otot itu penting. Tetapilebih penting lagi bagaimana kita memanfaatkannya."

20. "Salah satu  persyaratan untuk hidup lebih bermakna  harus mempunyai harapan atau arah yang akan ditujunya di masa depan."

Kumpulan Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi

Ilustrasi Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi  (Foto Anakku)

21. "Kendati manusia terikat atau menghadapi keterbatasan, karena kondisi biologis dan sosialogis, manusia memiliki kebebasan untuk mengambil sikap menentukan posisinya sendiri."

22. "Ketika Anda sedang berpikir atau merenung tentang keadaan diri Anda, pada saat itu Anda  sedang mengisi mata hati, membuat jarak dan melakukan evaluasi. Anda sedang mencari  bentuk wajah batin yang hakiki."

23. "Semangat  untuk memberi  makna hidup merupakan pondasi  yang siap menghadapi beban hidup. Tanpa  makna dan tujuan yang jelas, dia akan terombang ambing dalam permainan arus inersia yang membingungkan dirinya sendiri."

24. "Tanpa makna hidup, manusia tidak lain hanyalah kumpulan dari tulang daging ditambah sekian liter air."

25. "Apalah arti hidup yang monoton, membosankan, dan tanpa warna bila dibandingkan hidup dengan penuh perjuangan."

26. "Sikap dan prilaku dan prilaku berdisiplin akan menumbuhkan tanggung jawab  moral  yang tinggi."

Inilah kumpulan kata-kata bijak menggugah tentang makna hidup dan motivasi. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: 

 

*****
Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci Jambi
________________

Sumber:

Dihimpun dari kalimat inspiratif K.H. Toto Tasmara, dalam bukunya Spiritual Centered Leadership.

 

24 komentar untuk "Kumpulan Kata-kata Bijak Menggugah tentang Makna Hidup dan Motivasi "


  1. Terima kasih untuk kata motivasinya bunda?; Salam sejahtera untuk bunda, dan keluarga .

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera kembali, ananda Tari. Maaf telat merespon. Bunda otw ke luar daerah.

    BalasHapus
  3. bermanfaat.....

    salah satu kalimat yang saya suka:"hidup adalah sumber kekuatan untuk menuju sebuah kesuksesan."

    Thank you for sharing

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih, Mas Warkasa. Doa berkah selalu ya.

      Hapus
  5. Woow!! Kata2 bijak yang menarik bu Haji...😊😊

    Janganlah pernah menunggu kebaikan jika itu tak ada, Tetapi cobalah kita yang berbuat kebaikan untuk semua orang atau dalam kehidupan ini.😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Janganlah pernah menunggu kebaikan jika itu tak ada, Tetapi cobalah kita yang berbuat kebaikan untuk semua orang atau dalam kehidupan ini.😊😊" terima kasih quote tambahanya Mas Satria. Luar biasa, mengena, dan tak kalah menarik. selamat pagi dan selamat beraktivitas.

      Hapus
  6. Dari 26 motivasi di artikel ini, tentang makna hidup dan Motivasi saya pilih no 17 ya Bu Nur, "Seseorang yang memiliki motivasi prestatif, tidak akan bekerja hanya sekadar memenuhi tugas, tetapi dia menunjukkan kualitasnya.", memang jangan biasa biasa saja, mesti punya semangat berbeda. Terima kasih sharingnya Bu Nur dan salam sehat, selamat beraktifitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih doa sehatnya, Pak Eko.

      Sepakat, Pak Eko. Jika menginginkan hasil yang luar biasa harus diusahakan dengan cara luar biasa.

      Selamat sore, terima kasih telah mengapresiasi. Salam sehat penuh barokah.

      Hapus
  7. Mantap bu nur,, kirain ini kata motivasi dr bu nur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggaklah, cucunda. Semua ada sumbernya. selamat sore. Selamat menyambut kehadiran senja.

      Hapus
  8. subhanalloh..makasih atas motivasi paginya bunda...mbul jadi punya semangat untuk bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sekitar...dan menjalani hidup dengan lebih happy lagi juga bersyukur dengan sesuatu yang ada...tapi tetap berjuang untuk impian dan cita cita, supaya hidup lebih bermakna...hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, ananda Mbul. Asal diikuti dengan usaha yang sungguh2, semuanya pasti bisa menjadi lebih baik. Bunda doakan semoga impianmu segera terwujud. terima kasih telah singgah. Selamat sore.

      Hapus
  9. Amin, ananda Mbul. Asal diikuti dengan usaha yang sungguh2, semuanya pasti bisa menjadi lebih baik. Bunda doakan semoga impianmu segera terwujud. terima kasih telah singgah. Selamat sore.

    BalasHapus
  10. aku paling suka kata-kata "Tanpa makna hidup, manusia tidak lain hanyalah kumpulan dari tulang daging ditambah sekian liter air." related banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Setuju, Mbak timduniamasak. Apalah arti hidup hanya sekadar menambah penduduk bumi. Lebih baik mati gantung diridi pohon terong. He he he ..... Selamat sore, Terima kasih telah berkenan singgah. Doa sehat untuk keluarga di sana.

      Hapus
  11. Terima kasih untuk kumpulan kata-kata bijaknya, Bu, sangat menginspirasi dan membakar semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ananda Eva. Semga setiap kata-kata yang kita tulis dapat saling memberi makna dan saling memotivasi. Selamat sore terima kasih telah singgah.

      Hapus
  12. Suka sama kata-kata "Memiliki otak dan otot itu penting. Tetapi lebih penting lagi bagaimana kita memanfaatkannya." Kadang tuh ada orang yang punya kepintaran atau kekuatan lebih menggunakannya untuk hal buruk. Jadi merugikan orang lain.

    Walaupun aku tau masih banyak orang juga yang memanfaatkannya untuk hal baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sependapat, ananda Zakia. Parahnya, banyak oknum orang cerdas di bangku sekolah, dalam kehidupan dia kalah. Mungkin karena dia kurang pandai memanfaatkan kecerdasannya, atau barangkali tersebab target jangkauannya terlalu jauh, lingkungan tidak mendukung. Sehingga tanpa disadarinysa, dia telah hanyut dalam angan2. Selamat malam. Terima kasih telah mengapresiasi

      Hapus
  13. Sependapat, ananda Zakia. Parahnya, banyak oknum orang cerdas di bangku sekolah, dalam kehidupan dia kalah. Mungkin karena dia kurang pandai memanfaatkan kecerdasannya, atau barangkali tersebab target jangkauannya terlalu jauh, lingkungan tidak mendukung. Sehingga tanpa disadarinysa, dia telah hanyut dalam angan2. Selamat malam. Terima kasih telah mengapresiasi

    BalasHapus