Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dulu, Demi Kue Lebaran Ayam Dipaksa Bertelur, Kini Duit, Duit, dan Duit

Ilustrasi Kue Lebaran (Foto: Editan dari berbagai sumber)

Kemajuan zaman, mengubah gaya hidup dan kultur masyarakat. Hal ini terlihat dalam banyak hal. Salah satunya tradisi menyambut lebaran Idul Fitri. 

Era 60-an saat mendekati puasa Ramadhan,  ibu-ibu rumah tangga (termasuk almarhumah emak saya), mulai  menyiapkan bahan untuk membuat kue.  Tradisi ini berlaku di kampung-kampung,  khususnya di tempat saya daerah terujung  Pesisir Selatan Sumatera Barat Sana.   

Memaksa ayam bertelur

Di antara bahan yang mereka anggap paling penting adalah telur.  Jika ayam bertelur sekitar pertengahan Syakban, tak bakalan diberi kesempatan untuk mengeram. 

Supaya tidak cepat rusak, telur-telur itu disimpan dalam  wadah terbuka yang beralaskan beras.  Jangan harap minta sebiji untuk disambal. Paling jika ada yang retak atau pecah.

Habis, jumlahnya terbatas. Jika kebetulan terkumpul banyak, sebagiannya dijual. Uangnya  untuk membeli bahan-bahan yang lain. 

Kadang kasian hewan-hewan  piaraan tersebut. Mereka seakan dipaksa  bertelur sebelum masanya.  Pagi-pagi ditangkap dari kandangnya, dibawa ke sungai. Terus dimandikan dengan cara dicelup ke dalam  air hingga terbatuk-batuk. Ha ha ... Katanya supaya cepat bertelur. 

Tak tahu seremoni memandikan ayam itu sumbernya dari mana.  Ritual ini sudah berlaku lama dan turun temurun  di tengah masyarakat setempat.   Belum ada bukti  ilmiah apakah praktik tersebut membuahkan hasil sesuai keinginan, atau sekadar mitos belaka.  Allahu alam bish shawab. 

Tepung dan minyak goreng 

Bahan-bahan yang  lain pun disiapkan jauh-jauh hari. Seperti  tepung beras, tepung sagu, tepung beras ketan, minyak goreng, dan sebagainya. 

Tepung-tepung tersebut ditumbuk manual pakai tangan menggunakan lesung dan alu. Kemudian dijemur pada terik matahari. Tinggal beli material lain yang tidak bisa dibuat sendiri, seperti gula, terigu,  tapioka dan lain-lain.  

Bukan tersebab pelit, kondisi  yang memaksa.  Masyarakat belum kenal tepung beras rose brand seperti sekarang,  tak pernah tahu dengan telor ayam ras yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau.  Sekiranya  ada, mungkin Emak tak punya banyak uang untuk membelinya.

Kala itu minyak goreng yang beredar di pasaran terbuat dari santan kelapa, dijual di pasar tradisional per botol bir. Saya masih terbayang cara pedagang  mengeluarkannya  dari jeriken. Menggunakan pompa kecil sebesar suling, terbuat dari seng. Sekarang saya merindukannya.  Ha ha .... 

Harganya (migor) relatif mahal. Susah terjangkau oleh dompet.  Emak sering membuatnya sendiri. Prosesnya lama, butuh kayu bakar yang banyak.  Seharian di tungku  perapian  belum tentu dapat satu botol bir. Tak heran, orang kampung saya pada zamannya  lebih familiar dengan sambal berkuah santan,   daripada menggoreng.  

Kue tradisional dan momen bahagia

Camilan lebaran yang tak pernah ditinggalkan Emak adalah kue tradisional kembang loyang (kembang goyang), keripik pisang, dan arai pinang.  Bolu juga ada, tetapi tidak banyak. Yang langka itu kue berbahan pokok mentega. Sebab mentega  termasuk barang mahal. Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu membelinya. 

Bagi saya,  bantu-bantu emak membuat kue lebaran merupakan momen paling bahagia pada masanya.   Setelah matang  rasanya mau dikunyah semua. Maklum, ketemu penganan begitu waktu hari  raya  saja. He he ....

Tidak seperti sekarang. Dengan duit dua rbu perak, anak-anak sudah dapat  sepotong bolu di warung-warung.  Saat hari raya,  kue lebaran  tiada spesial bagi mereka, malah dicuekin. Ulah cucu saya, kadang-kadang  digigit sedikit lalu dia buang. Mulut nenek ini jadi tong sampahnya. Habis lebaran, kolesterolnya melangit.

Tunggu di alamat

Dunia digital telah mengubah kultur masyarakat.  Kini hidup bisa dibuat mudah. Barang-barang  kebutuhan pokok masayarakat perkotaan semuanya  dapat dibeli di desa.  Malas bikin kue lebaran?  Tinggal telepon.  Dalam waktu  yang disepakati, kue mendarat di rumah konsumen. 

Pilihannya bervariasi. Yang murah ada, kelas elit bejibun.  Alhamdulillah,  dibandingkan masa kecil saya, sekarang  duit tidak terlalu susah dicari. Yang penting mau kerja dan berusaha. 

Beli baju lebaran? Tinggal colek aplikasi. Pilih belanja di Jakarta atau Surabaya.  Tentukan modelnya, klik, transfer duit, tunggu di alamat. Kurang apa lagi? Pokoknya duit, duit, duit, dan duit.  

Makanya hidup zaman kini dituntut kreatif supa bisa cari duit.  Terutama  kita-kita kaula muda.   He he ....  Tidak seperti saya,  nenek-nenek  manula yang telah mati  selera.  Jangankan  pengen beli itu dan ini,  rasa gula pun  saya hampir lupa. Ha ha ....  

Sudah sembilan kali Idul Fitri, saya tak pernah lagi membuat kue lebaran. Cuman menunggu dari anak menantu.   Untuk apa sibuk-sibuk bikin kue. Makannya tidak seberapa. Paling kalau ada tamu. 

Beginilah kisah membuat kue lebaran  ayam dipaksa bertelur hingga semua serba duit, duit, dan duit,  Semoga inspiratif. 

Baca juga :

*****

Penulis, 

Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci Jambi

17 komentar untuk " Dulu, Demi Kue Lebaran Ayam Dipaksa Bertelur, Kini Duit, Duit, dan Duit"

  1. waktu kecil di kampung, disuruh emak keliling rumah ke rumah membeli telur ayam..... hehehe

    Sweet memory....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya dahulu bukan di kampung saya saja yang mendewakan telur ayam kampung untuk membuat kue lebaran ya, Mas Tanza. Selamat sore dari tanah air.

      Hapus
  2. Di rumah orang tua juga ada alat pencetak kue bikang dan apem, yang bahan bakarnya arang.
    Sudah lama tidak digunakan karena apem dan bikang mudah diperoleh di lapak atau toko jajanan tradisional.
    Kalo perlu karena ada hajat keluarga pun tinggal pesan.
    Benar kata Bu Nur yang penting ada duitnya.

    Terima kasih Bu Nur.
    Sehat selalu.
    Hormat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha .... Di kampung saya bukan pakai arang, Mas Pudji. Pakai sabut kelapa. Musim bikin kue lebaran, asap penuh sesak sepenuh rumah. He he ....

      Ada juga batu giling penumbuk beras ketan yang sudah disangrai, untuk membuat kue sangko, Mas Pudji. Beratnya minta ampun. He he. Sekali masuk berasnya 1 sendok. Lama banget. Sekarang tidak ditemui lagi. Semua pakai mesin.

      Hapus
  3. Jadi ingat waktu kecil dulu hehehe.. saat jelang lebaran seperti ini dulu sudah tercium aroma kue-kue lebaran yang dibuat sendiri oleh ibu dan KK di rumah, dan ini malah menjadi semacam pembeda dari bulan-bulan di luar Ramadhan.

    Terimakasih untuk artikel nya Bu Nur, sudah kembali mengingat kan masa-masa indah di masa lalu.
    Salam hangat🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kini semuanya tinggal kenangan ya Mas Warkasa. Kita telah sibuk di tengah zaman yang berdeda dan bermanja manja dengan kemajuan teknologi. Selamat sore. Selamat menunggu waktu berbuka.

      Hapus
  4. kalo di bandingkan jaman dulu sama sekarang jauh banget yah, dulu itu juang usahanya ada banget, bahkan yang membuat kangen berjuangnya itu, apa apa di lakukan manual, kalo sekarang semua udah modern, harusnya sih tetep bersyukur yah karna jadi mudah :D

    memang kalo dulu kenanganya ada banget.. sekarang pun nantinya akan jadi kenangan buat anak cucu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, Mas Khanif. Semuanya jadi indah pada zamannya. Tergantung kita menyikapinya. Kuncinya ya, bersyukur dengan kemudahan yang kita nikmati. selamat pagi. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus
  5. Jadi keinget lebaran pas masih ada nenek. Rame banget banyak saudara-saudara yang datang. Sekarang sepiii...
    Oh yaa saya baru tahu Bu kalau ada kebiasaan memaksa ayam bertelur 😅
    Kasian tapi ya gimana ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian memang. Ayamnya sampai terbatuk2. He he ....

      Betul Mbak Mutiara. Kebersamaan dengan nenek itu asyiknya luar biasa. Terima kasih telah mengapresiasi. Doa sukses untuk keluarga di sana.

      Hapus
  6. aku dari jaman kecil sampai skrg punya anak masih konsisten bikin kue untuk lebaran dong.. hehe.. kayak ada yg kurang aja rasanya kalo gak bikin kue.. tapi kue2 yg dibikin semacam nastar, kastengel gitu sihh bukan kue basah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Rasanya kurang afdhal berlebaran tanpa kue, terutama kalau punya anak kecil dan emaknya masih muda. Udah seumuran saya, di rumah gak punya siapa2 selain berdua ma suami. Eh ...., mslas deh bikin kuenya. Terima kasih, mbak telah singgah. Ya.

      Hapus
  7. Wah rupanya gitu ya Nek? Zaman dahulu Ayam-ayam dieksploitasi untuk memenuhi bahan kue lebaran😁. Baru tahu Teddy nih.

    Zaman yang berubah memang mempermudah segala hal ya Nek hehe, suka kue lebaran apa aja nih Nenek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang manusia dimanjakan oleh teknologi. Cari duit pun tidak terlalu susah. Alhamdulillah, Nenek dapat menikmatinya. he he .... Meskipun di usia tua.

      Hapus
  8. kejam ya,

    kata orang tuaku, jaman dulu telur itu sangat berharga dan seperti makanan mewah kalau di desa.

    makin ke sini, dunia semakin praktis dan serba cepat. Mungkin sekarang adalah era masa depan impian ilmuwan jaman dulu.

    kita yang sekarang malah ngayal lagi soal masa depan.

    Tanpa disadari, manusia terus menciptakan kehidupan bagaikan surgawi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berharga banget, ananda. Mending kalau punya telur untuk dimakan. Mirisnya, telur dijual, uangnya untuk beli singkong. Ha ha ..

      Hapus