Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ritual Pernikahan Aneh di Dunia yang Belum Banyak Orang Tahu

Ilustrasi: 7 Ritual Pernikahan Aneh di  Dunia

“Lain lubuk lain ikan, lain padang lain belalang.”  Barangkali inilah kutipan yang pas untuk menjawab penasaran kalian  setelah membaca  artikel tentang  7 ritual pernikahan aneh di  dunia, berikut ini. 

Anak-anak dan cucu-cucu celotehnur54 yang cantik dan ganteng! Mungkin belum semua kita mengetahui, bahwa adat pernikahan yang unik dan  beraneka ragam tidak hanya ada di tanah air kita  saja. Di belahan dunia lain pun tak kalah banyak lho,  budaya pernikahan tak lazim yang bikin  kita halu dan berdecak-decak.

Penasaran? Berikut informasinya, dihimpun dari berbagai sumber. Baca sampai tuntas ya!

Ritual Pernikahan Aneh pertama di China: Pengantin menangis selama satu bulan 

Sungguh unik adat pernikahan di negeri tirai bambu. Sebelum hari H-nya, calon pengantin perempuan diharuskan menangis satu jam setiap harinya selama satu  bulan. 

Sepuluh hari pertama calon pengantin wanita menangis bersama ibunya. Sepuluh hari ke dua menangis bersama neneknya. Dan sepuluh hari ke tiga calon mempelai perempuan menangis bersama semua anggota keluarganya.

Budaya ini masih berlaku di beberapa daerah di China. Salah satunya di provinsi Sichuan Barat.  (Sumber, Popmama.com, 17 Mei 2022)

Ritual pernikahan aneh ke dua di Kenya: Mempelai wanita diludahi

Kebiasaan ini berlaku bagi masyarakat suku Maasai di Kenya. Ayah mempelai perempuan meludahi kepala dan payudara putrinya sebelum dia pergi bersama suami yang baru dinikahinya. 

Ilustrasi: 7 Ritual Pernikahan Aneh di  Dunia

Tidak hanya itu. Kegiatan meludah ini juga dipraktikkan oleh masyarakat Maasai pada momen lain. Diantaranya, meludahi telapak tangannya  sebelum berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Aksi ini sebagai tanda penghormatan. Mereka juga meludahi bayi yang baru lahir untuk menangkal sial.  (Sumber: Bisnis.com, 21 Januari 2021).

Ritual pernikahan aneh ke tiga di Mauritania: Hanya perempuan gemuk yang boleh menikah

Lain adat Kenya, beda pula dengan Mauritania,  Afrika utara, yang berbatasan dengan Mali dan Sinegal. Di sana cewek remaja sering dipaksa makan yang banyak supaya tubuhnya gemuk. Sebab, di Mauritania hanya perempuan gemuk yang boleh menikah. 

Ilustrasi: 7 Ritual Pernikahan Aneh di  Dunia (Foto Sutra Yulita)

Menurut kepercayaan orang Mauritania, perempuan bertubuh gemuk bisa membawa kesejahteraan bagi rumah tangga mereka kelak. Selain itu, wanita gemuk dengan lapisan lemak yang berlipat-lipat dianggap cantik, dan subur (Sumber: Detik.com, 19/10/2017).

Ritual pernikahan aneh ke empat di Colombia: Malam pertama jadi tontonan mertua 

Rata-rata masyarakat Indonesia, terutama di pedesaan, hubungan intim suami istri termasuk rahasia yang paling pribadi. 

Berbeda dengan  masyarakat Cali, Colombia. Di sana pasangan pengantin baru  harus melakukan malam pertama di depan ibu mertua. 

Tradisi ini telah berlaku turun temurun di bumi yang dijuluki negara teroptimis di dunia tersebut.  Tanpa itu, pernikahan anaknya dianggap belum syah. Gila bukan? (Sumber: riau24.com, 18/08/2017).

Ritual pernikahan aneh ke lima di Scotlandia: Calon pengantin dilempari benda busuk 

Umumnya, di negara kita calon pengantin diperlakukan seperti raja dan ratu. Terutama pengantin perempuan. Mereka  tak boleh melakukan apa-apa, dilarang ke mana-mana, disuruh merawat diri, agar di hari bahagianya kelak sang pengantin tampil  cantik dan fresh. 

Ilustrasi: 7 Ritual Pernikahan Aneh di  Dunia

Di Scotlandia, sehari sebelum menikah,  kedua calon pengantin malah dibuat kotor. Dua sejoli tersebut diminta berdiri di halaman, kemudian oleh sahabat-sahabatnya, mereka dilempari dengan makanan, cairan, sampai benda busuk yang menjijikkan.

Prosesi ini punya makna mendalam. Andaikan setelah menikah pasangan tersebut diterpa  masalah,  diharapkan  cinta mereka menjadi kuat dan tidak mudah goyah. (Sumber: boombastis, 04/10/ 2014).

Ritual Pernikahan Aneh ke enam di Tahiti: Pengantin Menginjak Tamu 

Usai upacara pernikahan digelar, kedua pengantin diwajibkan berjalan di atas semua anggota keluarga, dan teman-teman yang hadir. 

Ilustrasi: 7 Ritual Pernikahan Aneh di  Dunia

Para tamu diminta tengkurap, di sepanjang karpet dengan teratur  sampai ke pintu keluar gedung  pernikahan.  Kemudian kedua  pengantin  berjalan dengan menginjak punggung tamu satu persatu, sambil mengucapkan selamat tinggal dan terima kasih. 

Ritual ini berlaku di Kepulauan Marquesas, Tahiti, Polinesia  Prancis.  Dikutip oleh SheKnows.com. dari buku Planet Wedding:  A Nuptual-pedia. (Sumber:  Kompas.com, 20/07/2014). 

Ritual pernikahan aneh ke tujuh di India: Bayi perempuan menikah dengan anjing  

Salah satu suku di India yaitu suku Santau, memegang teguh kepercayaan, jika bayi perempuan  tumbuh gigi bagian atas gusinya terlebih dahulu, pertanda setelah dewasa kelak dia akan dimakan harimau. 

Untuk menangkal hal terburuk itu, bayi bersangkutan harus dinikahkan dengan anjing. Kasus tersebut dialami oleh bocil  Karnamoini Hansah (9).

Usai mengusir makhluk halus itu, si bocah boleh menikah dengan manusia.  (Sumber: asliindonesia.net)

Demikian informasi tentang 7 ritual pernikahan aneh di  dunia ini ditulis seadanya. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

*****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi

14 komentar untuk " 7 Ritual Pernikahan Aneh di Dunia yang Belum Banyak Orang Tahu "

  1. Wah unik-unik ya nek pernikahan di dunia, salam ☺️🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, ananda. Syukur kita umat muslim Indonesia nyaris tak ada tradisi aneh-aneh. Terima kasih telah mengapresiasi ananda. Selamat siang.

      Hapus
  2. Ada-ada ya Oma, adat istiadat yang berbeda-beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ananda. Justru itu yang membuat dunia jadi bewarna. Terima kasih telah singgah. Doa sehat selalu untuk keluarga di sana ya.

      Hapus
  3. Waah saya baru tau, ternyata ada ritual yang seperti itu. Menarik. Terima kasih untuk artikelnya bu Nur🤝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Mas Warkasa. Terima kasih juga telah mengapresiasi. Salam hangat selalu.

      Hapus
  4. Beneran aneh sih ini mah...ngapain coba...untung saya orang indonesia hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bersyukur jadi orang Indonesia, Mas. He he. Terima kasih telah mampir. Selamat sore.

      Hapus
  5. Wah baru tahu ini, aneh bin ajaib

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he .... Alhamdulillah, kit terlahir dari rahim ibu pertiwi ya, ananda Tira.

      Hapus
  6. Itu yang di Mauritania aneh juga ya, hanya cewek gemuk yang boleh menikah.

    Lha, kalo sudah makan banyak tapi tubuhnya tetap kurus, jadi jomblo terus dong Bu.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Agus. Artinya, kalau saya orang sana, tak bakalan dapat jodoh. Ha ha ....

      Hapus
  7. tetep kurang make sense sih buat saya, gak wajar gitu lah. tapi saya respect sih, dan bersyukur aja saya telahir jadi orang Indonesia hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, ananda Amir. Sungguh beruntung rasanya kita terlahir sebagai bangsa Indonesia. Selamat sore. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus