Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak! 9 Khasiat Buah Pala Menurut Almarhum Profesor Hembing

Kesehatan

Tanaman pala. Sumber  Foto: dispertan.bantenprov.go.id

Pala adalah salah satu tanaman rempah yang biasa dugunakan masyarakat Indonesia untuk menambah aroma dan  cita rasa pada masakan.

Tumbuhan yang berbahasa ilmiah Myristica fragrans ini  banyak ditanam di kepulauan Maluku dan banda. Sekarang sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Pala mempunyai aroma khas karena mengandung minyak atsiri. Tinggi pohonnya mencapai belasan meter. Daunnya bulat lonjong  berwarna hijau. Kulit buahnya kuning dengan daging buah putih.

Apabila telah masak, kulit daging buahnya merekah. Tampak bijinya terbungkus fuli merah. Satu buah menghasilkan satu biji pala warna coklat.

Selain untuk bumbu masak,  buah dan biji pala juga dapat digunakan sebagai obat tradisional. Menurut pakar tanaman obat Prof. Hembing Wijayakusuma (Alm), dalam bukunya Khasiat Tanaman Obat, beberapa keluhan kesehatan bisa diatasi dengan pala.

1. Muntaber

Biji dan bubuk pala. (Foto NURSINI RAIS)

Siapkan 1 butir buah pala beserta bunganya, 5 gram jintan putih, 10 gram jahe dan 1 buah delima yang diambil kulitnya. Semua bahan ditumbuk halus. Tambahkan santan kelapa dan  minyak kayu putih secukupnya. Aduk, balurkan pada bagian perut dan ulu hati penderita.

2. Pusing

Khasiat buah pala yang ke 2 mengatasi pusing. Haluskan 5 gram biji pala, 7 lembar daun sirih, 7 butir cengkeh. Kemudian tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Tempelkan pada ubun-ubun si sakit

3. Migran

Sediakan 3 gram biji pala, 5 gram lada, 5 butir cengkeh, 5 gram kayu manis, dan 15 gram jahe. Semua rempah dijadikan bubuk.  Kemudian seduh dengan air panas mendidih.  Aduk, biarkan sebentar. Lalu disaring dan minum airnya  secara teratur.

4. Sakit Telinga

Haluskan atau ditumbuk  5 gram biji pala, 1 butir biji mahoni. Rebus dengan 500 cc air sampai mendidih, k Saring,  Setelah dingin, teteskan pada telinga  1 – 2 tetes,  3 kali sehari.

Ramuan lainnya, 1 butir buah pala, 10 gram kencur. Tumbuk, tambahkan 2 sendok makan air masak kemudian peras. Airnya diteteskan pada anak telinga 2 – 3 tetes.  Aplikasikan 3 kali sehari.

Baca juga:  4 Obat Tradisional Paling Ampuh untuk Membasmi Kurap

5. Kencing Manis

Untuk mengobati kencing manis, 5  gram biji pala, 5 gram biji  pinang, 10 gram kulit kapuk, dan  gula diet secukupnya.  Rebus dengan air mendidih. Saring,  minum  airnya.

6. Perut Kembung

Lima gram biji pala, 4 butir kapulaga, 5 gram jahe, 1 butir bunga lawang (bunga pekak), 50 gram lobak. 

Semua bahan direbus dengan 600 cc air, hingga tersisa 300 cc. Dinginkan , minum airnya

7. Sakit Perut

Sediakan 5 gram biji pala, 3 butir kapulaga, 5 butir lada, 5 butir cengkeh, dan 10 gram jahe.  

Semua bahan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring. Kemudian minum airnya selagi hangat-hangat kuku.

8. Mengatasi Muntah pada Anak-anak

Tiga gram biji pala, mangga secukupnya, dan 30 gram gula merah, Rebus dengan 500 cc air hingga  tersisisa 200 cc. Kemudian saring, dan minum airnya selagi hangat.

9. Manambah Nafsu Makan

Tiga gram biji pala, 2 butir sunboi atau kiamboi (dapat dibeli di supermarket) yang dibuang bijinya, asam jawa, dan gula merah secukupnya.

Semua  ramuan direbus dengan 600 cc air hingga sisa 300 cc. Saring dan minum airnya yang masih hangat.

Meningkatkan Hormon Seks Pria dan Wanita

Mengutip dari detikfood, (7/4/2012), buah pala mampu merangsang saraf dan sitem peredaran darah sehingga mengalir lebih baik ke organ seks. Hal ini membuat gairah seksual  dan produksi sperma lebih baik. Konsumsi  buah pala secara teratur.  Supaya lebih praktis dan enak bisa disantap dalam bentuk manisan.

Demikian 9 khasiat buah pala menurut Almarhum Prof. Hembing Wijayakusuma, untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:  2 Dua Fakta Mencengangkan di Balik Minuman Biji Selasih

****

Referensi:  Koran Republika, 26 november 2002.

 

19 komentar untuk "Simak! 9 Khasiat Buah Pala Menurut Almarhum Profesor Hembing "

  1. Balasan
    1. tengkiyu, Mas. Terima kasih juga telah berkenan hadir.

      Hapus
  2. Baru tau begitu bentuk buahnya, padahal dari kecil suka konsumsi buat pala loh..,

    hehehee lucu sekali diri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti di tempatmu tak ada pohon pala ya, Mas muarra. Terima kasih telah mengapresiasi. Salam sukses untukmu sekeluarga.

      Hapus
  3. kalau di sini buah pala selalu jadi kudap kudapan (jeruk) manis. tapi saya tak suka😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantasan tidak suka, Mbak anies. Karena aromanya agak menyengat. Tapi habis makannya mulut jadi wangi. selamat pagi, Mbak. Terima kasih telah mengapresiasi.

      Hapus
  4. Duh, jadi pengen nanem pohon pala...
    sementara baru temulawak, kunir dan bentar lg jahe merah..

    apotek hidup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, Mas Darso. Menanam itu hobi mulia. Terima kasih telah mampir. Selamat malam. Doa sehat untuk keluarga di sana.

      Hapus
  5. woahh.. banyak sekali manfaatnya!

    Ijin bookmark mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, Mas Andie. Kita patut bersyukur. Tiada satu pun tanaman yang tumbuh di bumi Indonesia ini yang tidak bermanfaat. Terima kasih atensinya. Salam sehat untuk keluarga disana.

      Hapus
  6. Ternyata sebanyak itu manfaatnya,
    Tahunya cuma pala yang bisa dijadikan manisan doang. hihihi...

    Terimakasih ibu, informatif sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, ananda Pipit. Semoga bermanfaat. Selamat memulai aktivitas pagi.

      Hapus
  7. Menambah nafsu makan, mungkin itu sebabnya buah pala dijadikan bumbu masakan kali ya, biar nambah nafsu makannya.

    Ternyata banyak juga khasiat buah pala ya, dari mengatasi muntaber, pusing, migrain, kencing manis, mengatasi perut kembung bahkan menambah hormon.🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Saya malah nyari obat untuk mengurangi makan, Mas Agus. he he .... Sudah tua terlalu banyak makan, bikin badan sakit-sakitan. Benar lo, Mas. Mungkin karena zat makanan yang terlalu overfull menyebabkan organ tubuh di dalam tak sanggup menyimpannya. Selamat pagi, Mas. Doa sehat untuk keluarga di sana ya.

      Hapus
  8. Wow baru tau klo buah pala bisa dijadiin ramuan peningkat gairah.
    Di SD banyak anak main2 sepak pala Nek. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he ... Anak SD semuanya jadi bola. Yang penting bisa di sepak. Terima kasih telah mengapresiasi, ananda. Doa sukses untukmu selalu.

      Hapus
  9. Wahhh ternyata satu buah ini memiliki manfaat yang banyak ya terkait penyembuhan berbagai macam penyakit.. Sebuah alternatif nih bagi yang gak mau minum obat karena pahit.. hhihi

    BalasHapus
  10. Masih banyak manfaat lain selain yang tak tercatat di sini, Mas Andrie. Misalnya, untuk obat kumur mengilangkan bau mulut, suara parau, dll. Terima kasih telah mengapresiasi, selamat beraktivitas

    BalasHapus