Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kejadian Aneh di Mancanegara tak Mungkin Ada di Indonesia

Ilustrasi Kejadian Aneh di Manca Negara (pixabay.com)
 
Tiga hari terakhir,  ide enggan merapat.  Pengen nulis ini macet, nulis itu mampet.  Barangkali efek dari kesehatan saya  yang  sedikit  menurun.

Dari pada tidak berkoar, saya coba mencari ide dengan melanglang buana di tol langit. Akhirnya saya menemui  beberapa informasi  aneh, untuk saya bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kini saya turun lagi ke bumi, siap membagikannya buat sobat bloggers. Mungkin buat kalian informasi  begini sudah basi. Namun  versi  saya merupakan kabar baru dan  belum tentu ada di Indonesia. 

Berikut barangnya yang diambil dari berbagai sumber.  Oh ya ..., temanya gado-gado ya sobat celotehnur54.

1. Jual beli pria lajang di Bihar, India

Ilustrasi 4 Kejadian Aneh di Manca Negara (Sumber  dikutip dari lombokinsider.com)
 
Sekilas terdengar aneh dan tidak wajar. Namun itulah adanya di Bihar, India. Di sana para cewek bebas memilih jodoh dengan cara membelinya di pasar.
Saban tahun, ribuan cowok berkumpul di bawah pohon pipal yang dikeramatkan di area pasar lokal. 

Tradisi ini disebut Saurath Mela atau Sabhagachhi. Para pria tersebut berkerumun menunggu dipilih oleh konsumennya yakni, wanita pemburu jodoh. 

Budaya ini berlangsung selama 9 hari. Setiap pria yang akan dijual, diberi tarif bervariasi sesuai kapabilitasnya, termasuk kualifikasi pendidikannya. 

Wanita-wanita Maithili ke pasar ditemani orang tuanya. Mereka melihat-lihat calon suami yang akan mereka pilih. 

Jika si pria menarik dan potensial, mereka akan minta bukti fisik, seperti akta kelahiran dan ijazah.

Mengutip dari Wolipop, Media Al Jazera melaporkan, pria yang berprofesi sebagai insinyur, dokter dan PNS paling diminati. Terutama usianya masih muda. 

Harga cocok, pilihan kompatibel, tetapi keputusan ada di tangan keluarga. Jika sudah klop  dan harganya pas, calon suami bisa dibawa pulang. Calon pengantin pria juga bisa minta mas kawin kepada pihak keluarga wanita.Uniknya, tidak sedikit pula orang tua yang memilih calon menantu pria tanpa minta persetujuan terlebih dahulu pada anak gadisnya. 

Tradisi ini sangat populer beberapa dekade lalu. Kini telah mulai tergerus oleh kemajuan teknologi. Sebab anak muda masa kini banyak yang memilih pasangan via kencan online. 

Tetapi setiap tahun tetap saja banyak pria lajang yang tertarik. Sampai-sampai ada yang rela menempuh jarak ribuan kilometer dari kampung halamannya. (detik.com).

2. Pria pemenang berhak mendapat wanita idaman

Ilustrasi 4 Kejadian Aneh di Manca Negara (Sumber: dikutip dari blitar.jatimtimes.com)
 
Lain bidaya di Bihar, India, beda pula adat suku Dhabi Afrika dalam menemukan jodoh. Di sini seorang pria berdandan  mengikuti kontes ketampanan.

Pemenang berhak mendapatkan wanita yang dia inginkan untuk dipersunting. Bahkan dia juga punya wewenang memilih wanita yang sudah bersuami. 

3. Desa berpenduduk boneka

Ilustrasi 4 Kejadian Aneh di Mancanegara (sumber diambil dari www.pikist.com)
 
Nogoro adalah salah satu desa terunik di Jepang. Dahulu, Nogoro adalah desa yang indah, penghuninya padat. Kini menurun drastis, karena meninggal dunia dan bermigrasi ke kota. Angka kelahirannya sangat rendah. 

Akhirnya Tsukimi Ayano dan masyarakat setempat berinisitif. Mereka membuat banyak boneka, dan meletakkan di pagar, pohon, halte, taman, toko, dan tempat lainnya  untuk menggantikan penduduk yang telah meninggal dunia.  (blora.pikiran-rakyat.com)

4. Ayam tanpa kepala berkeliaran

Ilustrasi 4 Kejadian Aneh di Manca Negara (dokpri)

Seorang petani di Amerika Serikat bernama Lloyd Olsen menyembelih seekor ayam miliknya untuk dijadikannya makan malam.

Namun setelah disembelih ayam yang kemudian diberi nama Mike itu tetap hidup tanpa kepala dan berkeliaran di peternakan milik Lloyd Olsen.  Keanehan tersebut  terjadi pada tahun 1945.

Peneliti dari Universitas Utah mencoba meneliti Mike. Dia   menemukan fakta, ketika menyemblihnya Olsen melewatkan batang otak Mike, sehingga ayam tersebut masih tetap bisa bergerak dan  berjalan meskipun sudah disemblih. (cnnindonesia.com).

Demikian 4 kejadian aneh di manca negara yang belum tentu ada di Indonesia. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

*****

Penulis,
Hj. NURSINI RAIS
di Kerinci, Jambi

16 komentar untuk "4 Kejadian Aneh di Mancanegara tak Mungkin Ada di Indonesia"

  1. wah boleh juga tuh Pria pemenang berhak mendapat wanita idaman coba jika ada di indonesia kayakya seru juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha
      .. Kalau nomor 1 ada di Indonesia, lumayan ya. Biar dapat jodoh yang memenuhi kriteti ya, ananda Nucki. Terima kasih telah mengapresiasi. Selamat sore.

      Hapus
  2. Waah yang nomor dua unik nih😅 Terima kasih udah membawa informasi dari langit ke bumi bu Nur.. 😅🤝

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, Mas Warkasa. He he ... Enak ya. Zaman sekarang. Bisa mundar-mandir ke langit dan bumi.

      Hapus
  3. meskipun idenya sedang (pingsan) tapi tulisannya masih bagus kok. suka baca dengan gaya penulisan yang santai begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya, Mbak. Senang dikunjungi Mbak. Amin. Semoga kita tetap sehat. Salam literasi.

      Hapus
  4. kejadian no.4 "hampir" sama waktu saya kecil... kami anak anak sekampung mengejarnya..... ya, tak sampai satu jam kemudian, si ayam kehabisan darah.....

    # Have a wonderful day

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah .... Pengalaman yang indah. Kasian ya Mas Tanza. Sudah kesakitan dikejar pula. Terima kasih telah singgah. Salam sehat dari tanah air.

      Hapus
  5. Balasan
    1. He he .... Sate siput dari Danau Kerinci aja, Mas Adam.

      Hapus
  6. No 3 berbanding terbalik sama Indonesia yg angka kelahirannya tinggi bgt jd penduduknya makin padat merayap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bibit Indonesia unggul kualitas dan kuantitasnya ya, ananda Ursula. He he terima kasih telah mampir. Doa sehat untuk cucu di sana ya.

      Hapus
  7. Serem amat Bu, kalau ada desa penduduknya boneka, entar bonekanya bisa hidup, kan ngeri juga ya, hahahahaha.

    terus yang jual beli pria lajang.
    Aneh-aneh aja ya, mending ke Indonesia aja. pria lajang nggak perlu beli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha .... Malam2 bonekanya datang ngetok pintu. Iya, kalau ada di Indonesia begitu, prianya pasti dicap tiada harga diri. Gila. Mau makan enak bukannya bayar. Malah minta dibayar. He he ... Selamat sore, ananda Rey.

      Hapus
  8. pria pemenang bisa jg milih wanita bersuami.. gawat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kslau tak mau gigit jari, kaum suami di sana harus waspada ya, Bede. Ha ha

      Hapus